Monday, August 3, 2015

5 Tips Memilih Makanan Sehat Untuk Jantung Anda


Hingga saat ini penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian yang cukup tinggi pada pria maupun wanita. Meskipun resiko penyakit ini berbeda-beda pada setiap orang, namun kenyataannya kita dapat mengurangi resiko terkena penyakit mematikan ini dengan menjalankan pola hidup sehat. Salah satunya adalah dengan mengatur pola makan yang sehat.

Berikut adalah 5 tips memilih makanan sehat menurut paparan seorang ahli jantung yang juga anggota American Heart Association, DR. Steven Masley, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung anda baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

1. Konsumsi makanan berserat
Jika anda sudah terbiasa mengatur porsi makan harian anda, utamakanlah jenis makanan berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Setidaknya anda harus mengonsumsi 30 gram serat setiap hari. Manfaat dari serat selain dapat menahan nafsu makan, membantu memperbaiki kadar kolesterol dan gula darah, mengurangi peradangan dan dapat membantu memperlambat penuaan.
Namun sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi serat dari biji-bijian karena tidak terlalu baik untuk kesehatan.  Sebaiknya konsumsi serat setiap hari dengan perbandingan : 3 mangkuk sayur-sayuran, 2 macam buah, 2 genggam kacang-kacangan dan ½ sampai 1 mangkun biji-bijian.

2. Konsumsi lemak sehat
Untuk tetap sehat anda tidak perlu mengikuti pola makan rendah lemak, melainkan dengan mengonsumsi lemak sehat lebih banyak.   Berdasarkan studi klinis, konsumsi lemak sehat dari jenis makanan laut (seafood), minyak zitun dan kacang-kacangan mampu menurunkan resiko serangan jantung dan stroke, dan tidak akan menambah berat badan anda.
Lemak sehat yang terkandung dalam buah alpukat dan cokelat hitam, selain dapat dinikmati karena rasanya yang lezat juga penting bagi otak dan membantu mengurangi peradangan.

3. Konsumsi protein bersih
Jenis ‘protein jahat’ yang perlu dihindari adalah makanan dari daging yang berlemak serta dari produk susu yang dipenuhi oleh hormon dan pestisida.
‘Protein bersih’  dapat diperoleh dari makanan seafood.  Jika anda ingin mengonsumsi unggas dan daging merah, pilihlah yang organik. Jika anda sedang berada di sebuah restoran dan tidak dapat menemukan menu makanan yang mengandung protein bersih, pilihlah bagian yang mengandung lemak paling sedikit seperti dada ayam atau sirloin dan tenderloin pada daging merah.  Bagian yang paling sedikit kandungan lemaknya umumnya paling sedikit mengandung racun.

4. Minum minumam bermanfaat
Selalu jaga asupan cairan ke dalam tubuh anda. Minimal minum 4 gelas setiap hari. Untuk jenis minuman berkafein, teh hijau adalah yang paling baik bagi tubuh meskipun sebenarnya semua minuman teh tanpa gula sehat untuk dikonsumsi.  Silahkan anda menikmati 1-3 cangkir kopi dalam sehari asalkan tidak berlebihan.
Saat pagi hari anda bisa mengonsumsi susu serta tambahkan buah-buahan atau biji-bijian.  Dan jangan anda tertipu oleh minuman jus kemasan.  Jika tidak mengandung serat dan bulir buah, jus kemasan tidak jauh berbeda dengan minuman bersoda.  Konsumsilah buah secara langsung daripada jus kemasan.

5. Makanan sehat yang lezat 
Makanan yang lezat tentunya akan semakin disukai. Rempah-rempah dan herbal seperti bawang putih, bumbu Italia,  dan cabai pedas  selain berguna memberikan rasa lezat pada makanan, jenis-jenis bumbu ini juga mampu menghambat pertumbuhan plak arteri, meningkatkan metabolisme dan mengurangi peradangan.

No comments: