Saturday, May 9, 2015

Peluang Hidup Pengidap HIV Kini Lebih Lama

Jika dulu seseorang yang sudah divonis terinfeksi HIV akan segera merasa bahwa hidupnya akan segera berakhir, namun saat ini tidak lagi. Bahkan sebuah studi berskala internasional baru-baru ini mengungkapkan bahwa orang yang terinfeksi HIV rata-rata bisa hidup lebih lama dari yang selama ini diperkirakan.

Sejak tahun 1999, laju kematian penderita HIV positif di benua Australia, Amerika Serikat dfan Eropa telah menurun hingga 28%. Sedangkan kematian yang disebabkan oleh AIDS telah menurun hingga sepertiganya diantara orang dewasa pengidap HIV positif.

Dari hasil studi juga terlihat bahwa kematian yang diakibatkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah juga menurun hingga dua pertiganya sementara kematian karena penyakit hati menurun hingga setengahnya.  Sedangkan kematian akibat kanker masih stabil lajunya.

Collette Smith, staf pengajar biostatistik di University College London yang juga adalah ketua studi ini mengatakan bahwa hasil yang ditunjukkan telah memastikan bahwa laju kematian penderita atau pengidap HIV positif terus melambat.


No comments: