Tuesday, December 16, 2014

Menjaga Kesehatan Otak

5 hal yang harus dihindari untuk membuat otak anda tetap sehat
Tips menjaga kehehatan otak dengan menghindari 5 kebiasaan buruk

Manusia diciptakan oleh Tuhan adalah mahluk yang paling sempurna diantara mahluk lainya. Bagian yang paling sempurna yang terdapat dalam tubuh manusia adalah otak yang sempurna dibandingkan dengan mahluk lainya yang hidup di duni ini. Otak manusia memiliki 100 miliar saraf yang saling terkait 100 saraf lainya. Tidak heran memang otak manusia sangat vital bagi manusia karena disana merupakan inti dari sistem syaraf yang bekerja.Dihitung dari berat tubuh manusia otak manusia hanya 2 persen dari berat tubuh manusia itu sendiri, dan otak merupakan sebuah organ yang hebat. Namun, sering sekali seseorang melupakan tentang kesehatan otak yang seharusnya dijaga untuk tetap sehat.Coba simak beberapa hal yang harus anda hindari untuk membuat otak anda tetap sehat.

1.      Merokok
Untuk meroko kita membagi antara perokok pasif dan perokok aktif keduanya tidak ada yang berbeda, sama sangat bisa mempengaruhi kesehatan otak. Asap yang terkandung di dalam rokoklah berdampak buruk untuk kesehatan otak dan harus dihindari. Perokok bisa membuat  sel-sel saraf akan menyusut di bagian hippocampus dan korteks depan, dimana kedua bagian terebut yang berfungsi untuk mengaja ingatan atau bisa dibilang menyimpan ingatan.

2.      Mengkonsumsi gula secara berlebihan
Gula komponen yang tidak boleh dilupakan untuk tubuh. Namun, apabila gula dikonsumsi secara berlebihan berpengaruh terhadap kesehatan otak. Mengkonsumsi gula secara berlebihan bisa berpengaruh terhadap penyerapan protein dan nutrisi didalam tubuh. Jika hal tersebut memang terjadi maka tubuh akan kekurangan gizi, yang akhirnya dapat menganggu perkembangan otak.

3.      Kurang tidur
Kurang tidur merupakan hal yang cenderung seseorang untuk menganggap remeh. Kurang tidur juga mempengaruhi kesehatan otak anda. otak juga memerlukan istirahat, makan apabila seseorang kurang istirahat sangat berdampak untuk kesehatan otak. Kekurangan tidur merupakan hal secara perlahan untuk  membunuh sel otak secara perlahan. Tidur adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan otak.

4.      Tidur dengan cara kepala ditutup
Pasti anda pernah menutup kepala anda dengan bantal atau guling? Jika anda benar sering atau sudah pernah melakukan hal tersebut segera tinggalkan kebiasaan tersebut karena dapat mengganggu kesehatan otak. Tidur dengan kepala ditutup bantal akan meningkatkan karbondioksidan tidak berjalan dengan baik, hal tersebut mengakibatkan jalanya karbondioksida akan dihirup kembali hasil dari bernafas sehingga masuk kembali kedalam tubuh sehingga sangat berbahaya.

5.      Jarang menstimulasi pikiran
Befikir adalah cara yang paling baik untuk melatih otak. Kurang menstimulasi otak dengan berbagai macam hal menyebabkan otak menyusut. Terjadi kematian pada sel-sel otak karena tidak ada yang membuat otak menjadi berkembang  bahkan bisa otak mencaji menyusut. 

No comments: