Friday, October 24, 2014

Kanker Payudara Kini Menyerang Wanita dengan Usia Semakin Muda



Kanker payudara sudah lama menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para wanita, apalagi saat ini ada tren bahwa kanker yang biasanya menyerang pasien wanita berusia diatas 40 tahun kini sudah mulai bergeser ke wanita yang berusia jauh lebih muda. Demikianlah yang disampaikan oleh dr. Alfiah Amiruddin MD, MS, seorang konsultan bedah payudara di Jakarta, Jumat kemarin.

Kanker payudara sendiri sampai saat ini belum diketahui jelas penyebabnya. Para dokter masih mengaitkan penyebab utama kanker ini sebanyak 5-10 persen dikarenakan faktor genetik. Menurut dr. Alfiah, semakin muda usia wanita yang terkena kanker payudata makan akan semakin digurigai gennya. Sisanya dihubungkan dengan gaya hidup tidak sehat, misalnya konsumsi makanan yang mengandung MSG atau makanan kalengan maupun makanan instan serta kebiasaan merokok.  Penyebab lainnya juga bisa karena stres, depresi atau penyakit lainnya yang dapat memicu munculnya kanker payudara seperti kencing manis.

Namun kembali dr. Alfiah mengeaskan bahwa gaya hidup sehat tidak serta merta menjamin seorang wanita bebas dari resiko terkena kanker payudara. Ia pernah menemukan pasien yang terdiagnosa kanker payudara padahal baru berusia 20 tahun dan merupakan seorang vegetarian.

No comments: