Wednesday, September 10, 2014

Studi : Pintu Kantor Menjadi Sarang Penyakit Menular

Banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang sedang sakit misalnya terkena flu akhirnya dapat menularkan kepada rekan kerjanya karena menyebar melalui udara, dugaan itu tidak ada salahnya. Namun menurut studi terbaru, bahwa benda perantara yang dipegang oleh si pekerja yang sedang sakit menjadi media utama penyakit dapat dengan mudah menular ke rekan kerja.


Salah satu media utama sebagai sarang penyebaran penyakit ialah pintu kantor, pintu kantor sendiri kebanyakan didesain dengan pegangan pintu karena pembuatannya dan harga jualnya sendiri lebih ekonomis dibandingkan harus masuk dengan menggunakan id card (pintu otomatis). Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan orang akan antre sakit ketika ada salah satu orang yang telah bersin memegang pegangan pintu pada pegangan itu juga dipakai pekerja lain yang masih sehat.

Seperti yang dilansir oelh Daily Mail, Dilansir Daily Mail, studi yang dipresentasikan di American Society for Microbiology tersebut, mengungkapkan, infeksi penyakit menyebar dalam waktu dua jam, dari pintu ke seluruh penjuru kantor.

Tidak hanya itu menurut studi yang dilakukan Dr Charles Gerba, disebutkan bahwa salah satu benda yang paling awal dan cenderung paling banyak terkontaminasi kuman ialah pegangan pintu. Dan sekitar 60 persen pekerja akhirnya membawa pulang penyakit yang mereka kumpulkan di kantor.

“Dari penelitian yang kami lakukan, penyebaran virus dan kuman penyakit di kantor terjadi sangat cepat, yakni hanya 2 jam saja. Adapun, sumber penyebaran pertama adalah pegangan pintu,” papar Dr Gerba.

Untuk mengatasi cepatnya penyebaran penyakit karena media pegangan pintu, Dr gerba menyarankan agar para Karyawan kantor untuk sering-sering mencuci tangan terutama setelah sampai dikantor. Selain itu, menyediakan tisu dan cairan desinfektan juga dapat menjadi cara terbaik untuk mengindari penyebaran yang demikin cepat di kantor.

Sebenarnya, selain gagang pintu, barang-barang yang utamanya juga sebagai sumber kuman menurut Dr Gerba adalah papan ketik atau keyboard, gagang telepon, tombol lift, pulpen adalah sumber kuman terbanyak yang ada di kantor. 

Disamping itu banyak penelitian Dr Charles gerba juga menunjukkan bahwa jenis kuman-kuman yang biasa menyebar adalah kuman penyebab sakit perut seperti diare, serta flu.

“Orang berpikir flu dan diare adalah penyakit umum, mereka tidak menyadari bahwa kedua jenis penyakit tersebut hampir selalu bermula di kantor,” terangnya.

No comments: