Thursday, September 11, 2014

5 Cara Untuk Tetap Sehat Meski Kerja Begadang

Pada beberapa orang mungkin harus bekerja Shift, yang paling malas ketika harus bekerja shift adalah ketika mereka mendapatkan giliran untuk bekerja malam. Bekerja malam memang dirasakan lebih capek dibandingkan kerja di siang hari atau sore hari. Sebab karena secara alamiah tubuh dipaksa untuk tetap bekerja pada jam kondisi tidur. Padahal seharusnya pada waktu malam, alaminya seorang manusia diharuskan untuk tidur, namun apa boleh buat jika hal ini terpaksa dilakukan demi untuk prefesionalisme kerja. lantas, bagaimana cara untuk tetap sehat meski harus bekerja di malam hari atau begadang?

  1. Membuat Cadangan Tidur
    Mungkin sulit dipahami ya? maksudnya adalah ketika Anda harus begadang di malam harinya, maka Anda diwajibkan untuk tidur di siang atau sore harinya, ini dimaksudkan agar Anda bisa membuat cadangan tidur. Ketika malam hari walau harus bekerja, tubuh Anda akan memakai cadangan tidur yang Anda buat di siang atau sore harinya. Walaupun pada dasarnya kita akan ngantuk, tapi efeknya tidak terlalu memberatkan jika kita dalam 1 hari tidak tidur.
  2. Makan Makanan yang Kayak Protein
    Tidak dipungkiri, ketika bekerja maka tubuh memakai asupan energi yang diasup. Agar Anda lebih tahan lapar saat begadang, sebaiknya pada sore hari sudah memakan makanan yang tinggi protein dan memakan karbohidrat kompleks seperti beras merah, mie, roti atau gandum.
  3. Perhatikan Warna Lampu dan Intensitas Cahayanya
    Warna lampu yang berwarna kekuningan akan membantu tubuh untuk cepat tidur, jadi pastikan tempat kerja Anda tidak memiliki lampu yang agak kekuningan. Selain itu, lampu remang-remang juga membuat mata semakin lelah dan akhirnya mengundang tubuh untuk ingin tidur.
  4. Minum Kopi
    Minum kopiyang tanpa kreamer atau hanya kopi saja membuat tubuh terkurangi adenosine. Adenosine merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh untuk membuat seseorang merasa lelah. Dengan minum kopi, adenosine yang dihasilkan dapat diperlambat karena ada kafein di dalam kopi. Meski begitu harus dijaga jangan terlalu sering mengonsumsi kopi agar kita terhindar dari overdosis karena kelebihan kafein.
  5. Manfaatkan Istirahat
    Hal yang aneh apabila perusahaan Anda tidak menyediakan waktu istirahat, karena istirahat dapat merawat pekerja untuk selalu memiliki stamina yang prima saat bekerja. Karena pemulihan stamina terjadi saat tubuh melakukan istirahat. Istirahat yang baik saat bekerja di malam hari atau begadang ialah dengan melakukan tidur sesaat. Tidur sesaat dengan waktu sekitar 15 menit membantu tubuh untuk mengurangi rasa kantuk.

Itulah dia 5 tips yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan rasa kantuk meski harus begadang karena tuntutan pekerjaan. Mudah-mudahan membantu Anda untuk tetap produktif kapan pun aktivitas Anda.

No comments: