Tuesday, September 9, 2014

Dokter Lebih Sarankan Toilet Selalu Kering

Mungkin jika Anda berkunjung ke restoran atau ke mall, akan mendapati bahwa toilet yang digunakan oleh pengunjung basah. Dan menganggap bahwa toilet yang basah tersebut menjijikan karena bisa saja merupakan air bekas buang air besar. Oleh karena itu, banyak orang yang akhirnya enggan ke toilet karena menganggap bahwa toiletnya tidak bersih. Bagi Anda seorang pemilik atau manajemen mall, melihat kejadian seperti itu apakah merupakan salah satu masalah?

Menurut salah satu dokter, kejadian WC basah sendiri memang menjadi salah satu masalah besar, pasalnya toilet yang basah memicu berkembangnya spora penyakit yang bisa memicu berkembangnya kuman-kuman berbahaya bagi pengguna toiletnya. Hal ini seperti dijelaskan oleh dr Meta Hanindita dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

"Sebaiknya memang toilet dibuat kering, karena dengan kelembaban tinggi mudah memicu spora dan justru di sanalah tempat kuman berada," imbuh dr Meta yang ditemui di RSUD Dr Soetomo.

Ikut menguatkan pernyataan dari dokter meta, Asosiasi Toilet Indonesia yang diwakili oleh Ketuanya yaitu Naning S Adiwoso mengungkapkan bahwa standar kebersihan bagi toilet-toilet umum adalah kering, bersih dan sehat.

"Toilet harus kering karena yang basah menjadi tempat spora / kuman berkembang biak. Penyakit-penyakit yang dapat timbul dari berkembangnya spora ialah diare, dan muntaber." Ungkap Ketua Asosiasi Toilet Indonesia, Naning S Adiwoso.

Jadi benar seperti yang dinilai oleh beberapa pengunjung mall atau restoran, bahwa toilet umum seharusnya adala kering, bersih dan sehat agar tidak menjadi tempat berkembang biaknya kuman-kuman yang menginfeksi orang-orang pengguna WC umum. 

No comments: