Friday, August 29, 2014

Apakah Benar Makan Nasi Bikin Cepat Ngantuk?



Apakah benar makan nasi bikin orang mengantuk?
Orang mengantuk setelah makan nasi?


Salah satu menu wajib dalam setiap makanan yang dikonsumsi masyarakat Indonesia ialah Nasi. Bahkan mungkin ada pepatah yang entah dari mana sumbernya menyebutkan bahwa "Belum makan namanya kalau belum makan nasi." Pepatah ini mungkin terlalu ekstrem, tapi itulah kenyataannya bahwa masyarakat Indonesia percaya belum lengkap rasanya makan apabila tanpa nasi.

Namun pada beberapa orang, makan nasi diwaktu pagi sangat dihindari. Mereka yang beranggapan seperti itu karena merasa bahwa terlalu banyak mengonsumsi nasi tidak baik bagi kesehatan, salah satunya tubuh menjadi mudah lelah dan mengantuk.

Untuk membuktikan apakah benar makan terlalu banyak nasi justru tidak baik bagi kesehatan, DetikHealth melakukan wawancara dengan salah satu pakar gizi dari Rumah Sakit Omni Hospital yang bernama dr Nany Leksokumoro, MS, SpGK. Menurut dokter Nany (sapaannya), memang karbohidrat murni seperti nasi dan minuman manis jika dikonsumsi terlalu banyak memang dapat mengakibatkan rasa kantuk.

Tidak hany dr Nany saja yang berpendapat demikian, sebab dokter dari Rumah Sakit Siloam Hospital yang bernama dr A.R. Inge Permadhi, MS, SpGK menyebut bahwa karbohidrat mengandung gula yang membuat perut cepat merasa lapar. Makin cepat rasa lapar itu muncul, makan makin besar risiko mata akan terasa mengantuk.

"Lapar itulah yang membuat kita lebih mengantuk, karena gula lebih mudah dibawa oleh sel dan lebih cepat masuk ke dalam insulin," jelas dr Inge kepada detikHealth dan ditulis Jumat (29/8/2014).


Pernyataan kedua dokter diatas yang menyebutkan makan nasi secara berlebihan dapat membuat ngantuk sebenarnya ada dasarnya. Dasarnya sendiri merupakan sebuah studi yang telah dilakukan oleh Kanazama Medical University, Jepang yang menyimpulkan bahwa mengonsumsi nasi bisa membantu mengatasi masalah kurang tidur (susah tidur / insomnia). Dalam studi yang melibatkan hampir 2.000 responden ini, hasil serupa tidak didapatkan pada jenis karbohidrat lain seperti roti atau mie.

Para peneliti ini menyebutkan bahwa nasi memiliki indeks glikemik (IG) tinggi. Nah, makanan dengan IG tinggi diketahui dapat meningkatkan kadar protein yang disebut tryptophan. Protein ini biasanya digunakan oleh tubuh untuk membuat serotonin kimia otak, yang dikenal untuk menginduksi tidur.

Jadi kembali ke judul, Apakah Benar Makan Nasi Bikin Cepat Ngantuk? Jawabannya benar, ada studinya yang dilakukan oleh Kanazama Medical University. Walaupun bisa membuat orang cepat ngantuk, nasi mampu membantu orang yang punya insomnia.

No comments: