Thursday, July 17, 2014

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Diet Anda

Perhatikan Kelebihan dan Kekurangan Diet Anda
Begitu banyak jenis diet yang hadir saat ini, seperti diet OCD, food combaining, diet berdasarkan golongan darah dan lain-lain. Masing-masing diet terutama yang disebutkan memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Sebaiknya sebelum memilih untuk melakukan diet jenis tertentu, Anda perlu tahu kelebihan dan kelemahan berbagai macam diet yang disebut agar sukses dalam menjalankannya.

Umumnya bila ditarik garis besar, semua diet adalah baik. Tapi untuk menentukan apakah diet jenis tertentu cocok atau dapat kita terapkan sampai berhasil maka perlu ada pengetahuan dasar yang melatarbelakanginya seperti kelebihan dan kekurangan masing-masing diet. 

Jika Anda ingin memastikan apakah suatu diet dapat dikatakan baik, cobalah menelaah apakah diet tersebut akan mengatur makan Anda dengan cara berikut ?
  1. Mencermati sumbernya, diet yang baik biasanya menganjurkan Anda untuk makan makanan yang bervariasi. Sebab hal ini lebih mendapatkan manfaat bagi tubuh. Jadi pertanyaannya adalah apakah diet itu hanya menekankan pada pemenuhi selera makan?
  2. Mengamati penyajiannya, diet yang baik biasanya menekankan pemakainya untuk memilih cara penyajian makanan yang sehat. Bukan makanan yang hanya sekedar jadi saja. Biasanya cara penyajian dengan digoreng pada diet akan dilarang, dan lebih menganjurkan makanan rebus atau kukus. Selain sayuran biasanya dianjurkan tidak dimasak dan agar kandungannya tidak berkurang atau malah rusak. Selain itu, sayuran juga sebaiknya tidak ditambahkan kalori yang begitu banyak.
  3. Timing, frekuensi dan jadwal makan akan diminta diatur dalam diet Anda. Sebab inti diet adalah mengatur makan, bukan mengurangi atau pantang terhadap suatu jenis makanan.
  4. Jumlah (dalam hal ini kalori). Perlu kesadaran dalam makan, apakah kalorinya berlebihan atau tidak.
Sebagai contoh, mari kita coba untuk menganalisa Diet OCD. Diet yang dipopulerkan oleh Deddy Corbuzier ini mengajak kita untuk mengatur makan. Maksudnya kita perlu mengatur jadwal makan kita untuk menyiapkan diri untuk lebih baik. Misalnya berpuasa dalam kurun waktu tertentu seperti 16 dan 20 jam. Setelah itu dalam waktu 8 jam atau 4 jam, kita boleh makan. Selain mengatur pola makan, diet ini juga menganjurkan Anda untuk melakukan aktivitas angkat beban agar diet OCD lebih maksimal. Yang menjadi kekurangan dalam diet OCD adalah menahan makan dalam waktu yang lama. Ini berpotensi menimbulkan pelencengan. Apalagi saat melakukan aktivitas angkat beban yang membutuhkan asupan makanan. Selain itu, harus benar-benar memahami pola makan seperti tidak boleh terlalu rakus saat waktunya makan agar Diet Anda tidak menjadi sia-sia.

Contoh jenis diet yang juga pamor adalah Food Combining. Diet ini menekankan pada pemisahan antara makan sayur, makan protein, dan buah secara tersendiri. Tantangannya adalah perlunya pemahaman kandungan pada makanan. Karena jika dikatakan sayuran tidak boleh berbenturan dengan protein, maka sebenarnya protein membentuk hampir 45 kalori dalam sayuran.

Nah karena begitu banyak diet yang hadir maka kita perlu menyikapinya dengan bijaksana. Bagaimana caranya? Mengetahui dan menelaah antara kelebihan dan kelemahan (tantangan) dari diet-diet yang Anda ketahui. Sehingga Anda bisa memahami dengan baik setiap diet, sehingga diet yang dirasa cocok dapat Anda pilih dan Anda terapkan. Kemungkinan sukses untuk diet akan lebih besar. Jadi jangan lagi ikut diet karena trend, atau ikut-ikutan. Umumnya tidak ada diet yang salah. Mungkin kita yang tidak cocok dengan tuntutan dari diet tersebut. Disadur dari halaman Radio Smart FM Rai Institute.

No comments: