Monday, June 30, 2014

Tips Mewujudkan Masa Pensiun yang Indah

Dalam ucapan Mario Teguh, kita bekerja dengan keras untuk mempersiapkan liburan. Arti dari kalimat tersebut adalah selagi masih punya tenaga yang banyak dan badan masih fit jangan sia-siakan umur, terus bekerja keras demi mempersiapkan masa pensiun yang indah dan menyenangkan. Untuk mencapai tujuan Mewujudkan Masa Pensiun yang Indah, sebuah buku Jangan Mau Pensiun Berkarat, Melarat, dan Sekarat karya Freddy Pieloor berusaha memandu kita dengan tujuh tips. Mari kita ikuti tipsnya :

1. Dream

Rencanakanlah kehidupan masa pensiun yang Anda inginkan, gambarkanlah secara jelas dan detail. Jangan bilangAnda ingin punya rencana saat pensiun punya rumah mewah dan kaya raya, maaf itu bukan impian karena abstrak dan masing-masing orang punya interpretasi yang berbeda soal bahagia. Lalu bagaimana? Gunakanlah pertanyaan ini, kehidupan macam apa yang ingin Anda miliki dan jalani? Anda ingin tinggal di kota dan di daerah apa? Rumah seperti apa yang Anda idamkan? Gaya hidup seperti apa yang ingin Anda jalani? perjalanan wisata ke mana yang ingin Anda tempuh? aktivitas usaha dan “charity” apa yang ingin Anda lakukan sebagai ladang amal di usia senja? Tulis semua di sebuah kertas atau jika perlu gambarlah karena gambar itu lebih bermakna daripada tulisan J.

2. Atur Strategi

Setelah bermimpi dan merencanakan, waktunya Anda mengatur strategi. Strategi seperti hal-hal apa saja yang bisa saya lakukan untuk mewujudkan masa pensiun yang bahagia? Bagaimana mengatur waktu agar impian tersebut dapat terwujud. Untuk mengatur strategi ini, sebaiknya buatlah dalam bentuk Mind Map, agar semua strategi bisa Anda tumpahkan. Pikirkan juga mengenai tantangan apa saja yang akan menghadang untuk impian Anda. Selain itu, buat juga skala prioritas agar Anda bisa mengetahui hal apa yang perlu dan penting untuk didahulukan.

3. Konsistensi pada Janji

Hal yang paling sulit dalam mewujudkan impian adalah konsistensi, disini kesabaran Anda akan diuji seperti berbagai tantangan yang tidak Anda perkirakan dalam mewujudkan masa pensiun impian. Hal yang paling mulia adalah selalu ingat untuk melengkapi kehidupan masa pensiun Anda dengan bahagia bersama anak-anak, dan pasangan Anda.

4. Disiplin

Disiplin, untuk mewujudkan masa pensiun yang indah sebaiknya Anda perlu untuk menabung dan berinvestasi. Untuk keperluan tersebut, sisihkanlah pendapatan Anda setiap bulan untuk berinvestasi dan menabung, toh nanti hasil yang ada sisihkan ini mungkin bisa Anda pakai di hari tua atau bisa Anda wariskan kepada anak cucu. Oleh karena itu disiplin dalam menyisihkan pendapatan Anda sangat penting dan jangan pernah menganggu-gugat demi alasan apapun terhadap seluruh pendapatan yang Anda perlukan untuk masa pensiun.

5. Lunasi utang

Hutang di masa pensiun akan sangat menguras hati, karena masuk di usia senja seharusnya kita istirahat dari bekerja yang berat dan tidak boleh terlalu banyak beban pikiran. Selain itu, tidak adanya pendapatan tetap setiap bulan seperti saat kita masih kerja juga akan menguras uang pensiun Anda. Hutang yang belum lunas akan sangat membebankan pikiran dan tenaga Anda, oleh sebab itu lunasilah semua hutang yang wajib Anda bayarkan kepada pihak ke-3. Demi Anda bisa tenang dan bahagia di masa pensiun.

6. Membangun sumber pendapatan baru

Pikirkanlah sumber pendapatan baru walau Anda saat ini masih bekerja sebagai karyawan. Bukan hanya untuk menghasilkan pendapatan tambahan, berwirausaha juga akan meningkatkan komunikasi Anda dengan dunia serta membuka berbagai wawasan. Dengan bekerja dan berwirausaha secara berimbang, akan lebih banyak cadangan keuangan yang siap Anda gunakan di masa pensiun Anda.

7. Lakukan monitoring atas semua portofolio investasi

Awasi semua portofolio investasi secara berkala, hal ini penting agar semua investasi Anda tidak jatuh dalam kerugian. Istilahnya bukannya untung malah buntung, sebaiknya dihindari. Tentu Anda tidak mau cadangan hari tua Anda berkurang bukan? Maka dari itu, lakukan penyesuaian dan perubahan bila dibutuhkan, agar target Anda dapat tercapai dan tidak meleset.

Seperti itulah tips yang Nah Tips Mewujudkan Masa Pensiun yang Indah dari Freddy Pieloor. Semoga dapat bermanfaat dan dapat membimbing Anda untuk mencapai masa pensiun yang bahagia dan sejahtera.

No comments: