Saturday, June 28, 2014

Tips Bagi yang Takut Olahraga Saat Berpuasa

Saat Ramadhan banyak orang mungkin akan takut untuk berolahraga, misalnya takut kehilangan massa otot karena tidak mengonsumsi apapun dari subuh hingga maghrib. Ada juga yang takut gampang jatuh sakit karena lemas saat kehilangan cairan dalam tubuh. Sebenarnya berolahraga di bulan Ramadhan sangat dianjurkan, mengikuti Diet OCD yang dilakukan Dedy Corbuzier, berolahraga saat berpuasa justru malah mempercepat peningkatan hormon HGH (Human Growth Hormon) sehingga pembentukan otot lebih maksimal, selain itu berolahraga saat ramadhan juga mempercepat rilisnya lemak dalam tubuh. Namun memang untuk mencegah badan menjadi terlalu lemas saat berolahraga apalagi saat ramadhan ada triknya, berikut ini tipsnya :


1. Awali dengan olahraga ringan

Karena Anda akan memulai atau sudah melakukan puasa, sebaiknya jangan paksa badan untuk berolahraga terlalu berat. Olahraga berat seperti senam aerobik atau lari sebaiknya dihindari saat awal-awal puasa. Karena ditakutkan akan terjadi kelelahan yang berlebih saat berpuasa. Selain itu, untuk menghindari timbulnya cedera atau kram otot saat berolahraga, biasakanlah melakukan pemanasan atau peregangan (stretching) sebelum dan sesudah berolahraga.


2. Pastikan Olahraga di Saat yang Tepat

Olahraga saat berpuasa memang butuh waktu yang pas, agar kita dapat mengganti cairan tubuh dengan cepat setelah berolahraga. Ya benar tebakan Anda, berolahragalah di Sore hari karena setelah badan bugar karena olahraga, Anda dapat makan minum langsung setelah mendengar adzan maghrib. Tapi ingat ya, jangan rakus makanlah sesuai kebutuhan kalori Anda agar tidak terlalu kenyang saat melakukan ibadah sholat.


3. Konsultasikan Ke Dokter

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu sebaik harus mengkonsultasikan perihal olahraga dan asupan makanan selama berpuasa. Hal ini tentu saja menghindari terjadi gangguan kesehatan yang lebih serius.


4. Tidur dengan cukup

Menghadapi kelelahan tambahan karena olahraga di waktu berpuasa memang mengharuskan tubuh untuk istirahat dengan cukup. Maka biasakanlah tidur teratur saat ramadhan, karena Anda harus bangun lebih pagi untuk sahur dan menjaga agar badan selalu fit saat menjalani akivitas sehari-hari.


5. Minumlah lebih banyak.

Normalnya kita butuh 8 gelas air setiap hari, namun karena berolahraga sebaiknya Anda butuh porsi berlebih untuk minum. Bila Anda termasuk yang mudah berkeringat sangat disarankan untuk banyak minum saat berbuka puasa


6. Turunkan Batas Berolahraga

Jika Anda biasanya olahraga 2 jam lamanya, saat ramadhan seyogyanya harus dikurangi. Tentu, yang bisa menilai sejauhmana anda kuat ya anda sendiri. Kalau memang tidak kuat dengan porsi normal seperti pada saat tidak berpuasa, janganlah dipaksakan.


7. Segera berbuka bila sudah waktunya

Sesuai anjuran Sunnah Rasulullah, kita diajarkan untuk mempercepat waktu berbuka. Makanlah secukupnya agar tidak timbul sakit perut setelah berbuka kemudian laksanakan sholat untuk menyempurnakan ibadah di bulan ramadhan.

Itu dia tips berolahraga saat berpuasa. Simple kan, yang penting Anda harus berolahraga walaupun itu dibulan Ramadhan. Jangan takut Anda pingsan ketika olahraga, karena saat sahur, tubuh kita sudah pintar dalam menyimpan cadangan makanannya menjadi energi. Indahnya bulan ramadhan menyehatkan tubuh kita. Selamat beribadah puasa :)

No comments: