Tuesday, May 13, 2014

Tips Lengkap "Sehat Berpuasa Ramadhan"

Bulan suci Ramadhan tentu akan menghiasi kaum muslim di setiap tahunnya. Menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu lebih dari 12 jam selama sebulan penuh tentu bukan hal yang mudah. Berikut beberapa tips agar puasa anda berjalan dengan lancar dan tetap menyehatkan.

*Minum  yang cukup
Dehidrasi yang terjadi akibat kurangnya asupan air dalam tubuh menyebabkan kondisi badan kita akan menurun. Dengan menyempatkan untuk minum yang takarannya lebih pada setiap sahur dan berbuka puasa, dapat membantu kita melerai penyebab dehidrasi. Perbanyak menkonsumsi air merupakan hal utama yang harus diperhatikan kaum muslim dalam bulan Suci Ramadhan.  Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari, jadi anda harus menyempatkan lebih banyak minum saat malam hari.

*Makan yang sehat
Anda sebaiknya menerapkan diet sehat pada saat berbuka. Jangan berlebihan melahap kue dan makanan manis yang bahkan dalam jumlah besar sekalipun tidak memuaskan rasa lapar dan mengganggu pola makan Anda. Pertimbangkan memakan kurma yang dapat mengisi ulang energi dengan cepat.

*Jangan makan terlalu banyak saat berbuka puasa
Buka puasa seharusnya tidak identik dengan makan berlebihan. Makan berlebihan tidak hanya mengganggu tubuh, tetapi juga membuat ngantuk saat shalat tarawih. Anda dapat menyikapinya dengan menkonsumsi sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.

*Atur pola Makan
Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.

*Konsumsilah Buah-buahan saat santap Sahur
Dengan asupan buah-buahan yang mengandung vitamin dan sumber karbohidrat seperti nasi dan ubi-ubian, hal tersebut dapat membuat anda lebih berenergi saat berpuasa nantinya. Santap sahur saat mendekati imsak cukup dianjurkan untuk anda yang takut lapar pada siang/sore hari.

*Meminimalkan penggunaan tenaga fisik
Atlet harus ekstra hati-hati untuk tidak berolahraga terlalu keras selama bulan Ramadhan. Untuk itu, kami menyarankan untuk berolahragalah pada sore hari sebelum saat berbuka puasa. Karena saat kelelahan, anda memiliki jarak waktu sebentar untuk berbuka puasa atau memulihkan tubuh.

No comments: