Tuesday, December 17, 2013

5 Tips Menurunkan Tekanan Darah Secara Alami

Tensi atau tekanan darah yang terlalu tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan. Biasanya tensi tinggi merupakan alarm akan adanya gangguan kesehatan yang cukup serius.Tapi sayang kebanyakan penderita tekanan dara tinggi kurang menyadari adanya gangguan dengan kesehatan mereka. karena tidak ada gejala yang khusus dan spesifik jika terjadi hipertensi hingga kondisi sudah akut dan kemudian terjadi  gangguan yang lebih serius sepertiserangan jantung.
"Karena itulah hipertensi disebut silent killer," kata Direktur Yale University's Prevention Research Center dan penulis Disease-Proof: The Remarkable Truth about What Makes Us Well, Dr. David Katz.
Tekanan darah bisa diturunkan dengan cara yang biasa disarankan, meliputi terapi obat-obatan, pengurangan konsumsi garam, berhenti merokok, mengkonsumsi banyak sayur dan buah, dan melakukan latihan kardio. Namun ada pula beberapa cara alami untuk menurunkan tekanan darah, yang mungkin dapat Anda pertimbangkan.

  1. Konsumsi makanan rendah lemak dan yogurt rendah gula Rutin konsumsi yogurt satu hingga enam ounce atau setara 28-170 gram sebanyak dua kali seminggu, menurunkan sebanyak 31 persen risiko menderita hipertensi. 
  2. Angkat beban Dalam suatu penelitian, rutin angkat beban ternyata mampu mengurangi tekana darah wanita. Tekanan sistolik (angka atas) menurun sebesar lima poin. Sedangkan untuk tekanan diastolik (angka bawah) menurun hingga 9 poin. Efek ini bertahan lebih lama dibanding latihan kardio yang rutin dilakukan wanita. Untuk mendapatkan efek tebaik, wanita bisa melakukan latihan beban dan kardio bergantian per hari. 
  3. Konsumsi anggur merah nonalkohol Riset membuktikan, anggur merah nonalkohol mampu menurunkan tekanan darah setelah 4 minggu konsumsi. Untuk tekanan darah sistolik turun 5,8 poin, sedangkan diastolik turun hingga 2,3 poin. Meski begitu, menurut Medical Director Joan H. Tisch Center for Women's Health di NYU Langone Medical Center, Dr. Nieca Goldberg, hal ini juga bisa dilakukan asupan lain yang kaya zat anti oksidan. 
  4. Sinar matahari Siraman sinar matahari ternyata bisa menurunkan tekanan darah. "Vitamin D menolong arteri untuk rileks dan memperbaiki fungsinya," kata kardiolog di mory University School of Medicine, Dr. Arshed Quyyumi. Hasil studi Quyyumi menunjukkan, orang yang kekurangan vitamin D dan bisa mencapai batas normalnya 6 bulan kemudian ternyata mengalami penurunan tekanan darah hingga 4,6 poin. Untuk mencapai hasil tersebut, Quyyumi menyarankan berjemur terutama pada bagian lengan, kaki, dan muka selama 15 menit. Hal ini dilakukan sedikitnya tiga kali seminggu. 
  5. Bermain bersama teman Hasil studi pada 2010 menunjukkan, kesendirian bisa meningkatkan tekanan darah sistolik rata-rata 3 poin setelah lebih dari 5 tahun. "Hubungan sosial sebaiknya ditanggapi lebih serius," kata penulis dan peneliti di University of Chichago, Louise Hawkley.

No comments: