Wednesday, August 21, 2013

Sekali Suntik Vaksin HIB Cegah Pneumonia



Haemophillus Influenza tipe B (Hib) adalah virus yang menyebabkan terjadinya pneumonia pada bayi dan balita. Untuk itu, penting bagi orangtua untuk memberikan Imunisasi Hib ke anak-anaknya yang berusia balita.

Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina dan Kesehatan Mata, dr. Desak Made Wismarini, MKM, menyebutkan bahwa 23 persen pneumonia yang serius pada anak disebabkan Hib.

"Imunisasi Hib ini penting untuk menghindari bayi dan balita dari pneumonia. Perlu diketahui, pneumonia merupakan penyebab kematian terbesar pada anak," kata dr Desak Made.

dr Desak Made mengatakan, dengan adanya imunisasi Hib ini bisa membantu mengurangi angka kematian pada bayi dan balita karena penyakit tersebut menular. "Selain itu, ini merupakan upaya penanggulangan yang efektif bagi bayi dan balita, yang dilakukan melalui imunisasi Hib," tambahnya.

Penelitian di Pulau Lombok pada tahun 1998-2002, menunjukan, imunisasi ini dapat mencegah sebagian besar dari semua semua meningitis klinis dan dapat mencegah salah satu penyebab pneumonia.

No comments: