Wednesday, September 19, 2012

Ternyata Kurang Tidur Dapat Menaikan Berat Badan

 

Ini adalah pernyataan mengejutkan, kurang tidur dapat menggangu kesehatan, mungkin ini sudah umum, namun ternya kurang tidur dapat menaikan berat badan kita, pasti kita sering berfikir terbalik, karena biasanya orang yang sering tidur dapat memicu kegemukan.

Namun  berdasarkan penelitian, kurang tidur mendorong sinyal lapar di otak dan meningkatkan tingkat hormon yang mempengaruhi nafsu makan. Hal itu menyebabkan orang makan lebih banyak.

Dua ahli obesitas asal Kanada mengungkapkan bahwa tidur sama pentingnya dengan olahraga dan diet, mengenai penurunan berat badan.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur 8,5 jam akan mengalami penurunan berat badan lebih besar saat mengikuti diet rendah kalori yang sehat. Namun, bagi mereka tidur hanya 5,5 jam justru akan merasakan dampak sebaliknya. Hasil penelitian lain menemukan, orang yang tidur selama 8,5 jam setiap malam akan kehilangan 55 persen lebih lemak di tubuh.

Penelitian sebelumnya juga menemukan hal serupa. Penelitian yang dilakukan para ahli dari Kaiser Permanente, Washington, Amerika Serikat, menemukan tidur malam lebih dari enam jam setiap harinya dapat membantu program diet.

No comments: