Tuesday, September 18, 2012

Olahraga Dapat Menghilangkan Stress

 
Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat, tapi juga melindungi diri dari stres emosional. Berdasarkan penelitian di Universitas Maryland, Amerika Serikat, olahraga dapat membantu mengatasi kecemasan dan stres di masa mendatang.

Penelitian itu dilakukan terhadap 30 mahasiswa sehat di universitas tersebut. Mereka secara emosional dirangsang dengan yang menampilkan 90 foto dari International Affective Picture System, sebuah database foto yang digunakan dalam penelitian emosi, selama 20 menit. Responden diminta memperhatikan foto menyenangkan dan tidak menyenangkan, serta gambar netral.

"Kami menemukan olahraga dapat membantu mengurangi efek paparan emosional. Jika Anda berolahraga, tidak hanya akan mengurangi kecemasan Anda, tapi juga mampu mengurangi tingkat kecemasan ketika Anda dihadapkan dengan peristiwa emosional, " ujar J. Carson Smith.

Tingkat kecemasan mereka ketika melihat foto tersebut hanya bisa bertahan sebentar, emosi mereka kembali ke tingkat awal mereka. Sedangkan mereka yang berolahraga telah mampu mengurangi tingkat kecemasan mereka.

Temuan ini menunjukkan olahraga memainkan peran penting dalam membantu setiap insan mengurangi kegelisahan hidup sehari-hari.

No comments: