Tuesday, August 14, 2012

Bahaya Rokok Bagi Ibu Hamil


Meroko membahayakan hampir semua organ tubuh, menimbulkan banyak penyakit, serta memengaruhi kesehatan bagi si perokok secara umum. Bagaimana jika si perokok tersebut merupakan wanita hamil, bahaya atau risiko apa yang bisa terjadi dan janin dalam kandungannya?

Kematian bayi mendadak

Jika asupan zat nikotin dan karbon monoksida pada ibu hamil perokok diserap secara berlebihan ke dalam tubuhnya maka dapat mengakibatkan masalah pernapasan pada janin dalam kandungannya, karena efek yang diberikan oleh zat nikotin dan karbon monoksida tersebut. Parahnya, hal tersebut bisa berujung pada kematian bayi mendadak/Sudden infant Death Syndrome (SIDS).

Prematur

Risiko kelahiran bayi prematur juga merupakan salah satu efek yang besar kemungkinannya dapat terjadi pada bumil yang memiliki kebiasaan merokok dibandingkan bumil yang tidak merokok sama sekali.

Penyakit jantung

Janin yang dikandung seorang bumil perokok lebih berisiko mengalami penyakit jantung bawaan akibat zat-zat berbahaya yang terdapat dalam rokok.

Asma dan alergi

Meski asma dan alergi lebih besar disebabkan oleh faktor gen dari keluarga, akan tetapi pengaruh zat nikotin dan beberapa zat yang berbahaya pada rokok juga bisa menyebabkan gangguan daya tahan tubuh anak sehingga hal ini dapat memicu timbulnya asma dan alergi pada anak tersebut.

No comments: