Monday, August 13, 2012

Makanan dan Minuman yang Dapat Kuatkan Gigi


Makanan permen biasanya mengandung bahan gula yang cukup banyak, sehingga dikait-kaitkan dengan keroposnya gigi jika mengkonsumsi terlalu banyak.  Namun permen yang satu ini justru dapat menyehatkan gigi dan gusi seperti permen gummy yang berbentuk macam warna dengan tekstur yang empuk.

Selain itu, ada juga minuman dan makanan yang sempat dibicarakan dapat merusak gigi dan gusi kita jika mengkonsumsi berlebihan, namun anggapan itu salah dan tenyata makanan dan minuman ini bermanfaat bagi kekuatan gigi dan gusi seperti :

Permen Gummy

Sebuah studi yang diterbitkan oleh Kesehatan BMC Oral pada 2008 menemukan bahwa anak yang makan permen gummy bear tiga kali sehari memiliki plak yang sedikit pada gigi dan bakteri dalam mulut mereka. Bukan berarti anda harus memberikan anak permen terus-menerus. Namun dalam jumlah yang tepat, permen kenyal ini dapat meningkatkan kesehatan gigi mereka.

Kopi

Minuman berkafein pada pagi hari sebenarnya cukup baik untuk kesehatan gigi anda. Trigonelina, salah satu bahan utama dalam kopi, bekerja untuk membantu mencegah erosi, dan kerusakan gigi dengan memberikan lapisan pelindung pada gigi anda.  namun memang kopi ini menyebabkan bau mulut, maka sangat di anjurkan apabila setelah mengkonsumsi minuman kafein ini di sarankan untuk berkumur dan bersikat gigi agar flak yang menempel hilang.

Anggur Merah

Studi dilakukan di Italia juga telah menunjukkan bahwa bahan kimia dalam anggur merah yang disebut proantosianidin memiliki sifat antioksidan kuat yang bekerja untuk mencegah bakteri menempel pada ludah dan gigi, yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Keju dan Yoghurt

Keju dan susu adalah hasil dari permentasi susu, di dalamnya terkandung banyak manfaat yang dimiliki susu seperti kalsium yang sekiranya berfungsi sebagai melindungi gigi dan keropos.  Bukan hanya itu saja, makanan dan minuman ini bekerja dengan bakteri sehat yang dapat mencegah penyakit pada gusi.

No comments: