Wednesday, May 30, 2012

Vaksin Flu H1N1 Untungkan Ibu Ham



Tak seorang pun yang ingin terkena penyakit bahkan flu sekalipun.  Namun bagi ibu hamil vaksinasi influenza sangat menguntungkan baginya.

Sekelompok peneliti dari Kanada telah menemukan bahwa vaksin virus H1N1 ternyata tidak menimbulkan efek samping pada ibu yang sedang hamil.  Namun sebaliknya apabila ibu hamil diberikan saat terserang flu ini secara signifikan, maka dengan ini akan mengurangi kematian anak yang di kandung dan menjauhkan sang anak dari lahir prematur.

" Ini penemuan yang mengejutkan dan sekaligus menarik.  Vaksin ini berhubungan dengan kematian bayi pada saat lahir.  Sungguh ini sesuatu yang langka dan telah terjadi ", ujar Deshayne Fell peneliti dari Mc Gill Universiy.

Fell telah menemukan wanita mengandung yang mengkonsumsi vaksin H1N1, memiliki keuntungan yang berlipat ganda.  Sebanyak 34 % terhindar dari kematian, 28% terhindar dari kelahiran prematur dan 19 anak bayi terlahir dengan berat yang sangat besar.  Dalam penelitian ini, para peneliti menggunakan basis data kelahiran di Ontario, setidaknya ada 55.570 kelahiran di Ontario selama pandemi H1N1 yang dikaji para peneliti.

" Penemuan ini sangat bermanfaat. Wanita hamil biasanya akan sangat berhati-hati dengan apa yang dimasukkan ke dalam tubuh mereka. Namun, H1N1 ini akan sangat membantu mereka untuk pengobatan flu dan juga membawa keuntungan lain bagi bayi ", kata Mark Walker, salah seorang anggota tim peneliti dari University of Ottawa.

No comments: