Wednesday, May 2, 2012

Tips Menghindari Stres Saat Berangkat Kerja

Coba kita pikirkan berapa lama kita bisa menghabiskan waktu untuk berangkat kerja, semakin banyak waktu yang di habiskan, tingkat stres yang akan di alami biasanya semakin besar.  Maka seorang karyawan yang bertempat tinggal dekat dengan kantor patut bersyukur.

Untuk para karyawan yang berangkat kerja dengan memakai kendaraan pribadi seperti motor dan mobil, mereka cenderung sudah terbiasa dengan stres akibat jalan yang di tempuh sangat jauh dan padat untuk di lewati.

Untuk itu kita memiliki tips dan cara mengurangi stres saat berangkat kerja seperti :


1 Tatap Tenang

Wajah pagi dengan ekspresi buru-buru, terutama jika harus menggunakan transportasi publik seperti kereta api atau bus. Karena terkesan buru-buru ini selalu memicu rasa panik dan cemas, sedangkan kecemasan adalah salah satu bahan bakar stres.  Sebenarnya kecemasan yang datang di pagi hari ini adalah hal yang tidak perlu. Berangkat kerja dengan tenang dan mempersiapkan segala sesuatu yang akan di perlukan dengan baik akan membuat perjalanan ke kantor menjadi lebih santai.  Apabila butuh bantuan agar dapat santai, dengarkan lagu lewat iPhone atau MP3 player, namun tetap waspada dengan sekitar agar tidak ketinggalan kereta atau bus.


2. Berpakaian dengan nyaman

Bergegas dalam perjalanan sehari-hari dapat menjadi lebih berat jika tidak mengenakan pakaian yang nyaman di badan.  Apabila mengenakan sepatu yang kurang pas, pergerakan badan untuk berjalan melompati trotoar atau berlari mengejar kereta akan terhambat. Coba kenakan sepatu yang nyaman, tinggalkan sepatu yang bagus di tempat kerja dan bawa air agar tidak terkena dehidrasi karena kecapean selama perjalanan.


3. Hindari gangguan

Jika sudah berhasil ke bus atau kereta api dan mendapat kursi duduk, maka artinya perjalanan ke kantor akan berlangsung dengan cukup baik.  Tapi lihat sekeliling, apa ada yang akan menggangu kita dalam perjalanan

4. Buat kesibukan sendiri

Pada hari-hari orang bekerja, mengakibatkan perjalanan menuju kantor bisa menghabiskan waktu setidaknya satu jam di jalan karena dengan kepadatan jalanan. Untuk menghindari kebosanan, bekali diri dengan buku atau majalah, mendengarkan mp3 player, bisa juga sekedar membaca koran atau situs berita.


5. Jangan berebut tempat duduk

Jika perjalanan ke kantor memakan waktu yang lama, maka keinginan untuk duduk juga semakin besar dan seringkali harus berebut dengan penumpang lain.  Biasanya, tempat yang palingjarang di duduki penumpang lain adalah di bagian paling belakang atau depan. Pertimbangkan juga untuk mencari akses yang mudah ke pintu keluar.


6. Jangan berangkat terlalu mepet

Dalam perjalanan, seringkali ada kejadian tak terduga dan menyebabkan perjalanan terganggu. Padahal ada pertemuan penting yang harus segera dilakukan. Cara mengatasinya dengan berangkat kerja lebih pagi.  Berangkat lebih pagi akan lebih baik ketimbang harus telat untuk pergi ke kantor.


7. Bersepeda atau berjalan kaki saat cuaca cerah

Kita harus mencoba mempertimbangkan tentang berjalan kaki atau bersepeda saat cuaca cerah untuk pergi ke kantor.  Hal itu akan menguntungkan seperti menghemat waktu, uang dan terhindar dari stres yang disebabkan naik transportasi umum, bersepeda atau berjalan kaki juga baik untuk kesehatan jantung.


8. Hindari jam-jam sibuk

Ada ratusan bahkan mungkin ribuan orang yang menggunakan transportasi umum saat jam-jam berangkat ataupun pulang kerja. Penyebab stres terbesar dari perjalanan dari dan ke kantor adalah antrian yang lama, lalu lintas macet, berdesak-desakan dan berebut.  Ada baiknya menghindari jam pulang kantor berbarengan dengan yang lain, kemudian berangkat dan pulang lebih awal atau berangkat dan pulang lebih larut.


9. Merencanakan rute perjalanan

Kebanyakan penumpang ingin sampai ke tempat kerja dalam waktu yang sesingkat mungkin. Maka, rute perjalanan yang panjang biasanya dihindari.  Akibatnya, banyak orang menempuh rute yang sama hingga menyebabkan kemacetan dan antrian yang panjang. Rencanakan rute perjalanan yang sekiranya dapat mencapai tempat kerja dengan menghemat waktu dan mendahului banyak orang.


10. Hindari delay

Sesampainya di stasiun kereta atau halte bus, masalah delay atau penundaan keberangkatan alat transportasi bisa menjadi penyebab dari stres.  Jika tak sabar menunggu, harus mencari jalan lain ke stasiun lainnya atau menunggu bus berikutnya sehingga semakin lama terlambat ke kantor.  Periksa beberapa situs atau jejaring sosial yang dapat memantau kondisi lalu lintas agar dapat memperkirakan apakah akan terjadi masalah yang menyebabkan delay atau tidak.

No comments: