Wednesday, May 2, 2012

Bulan Akan Terlihat Nampak Besar





Pada tanggal 5 Mei mendatang, bulan akan terlihat membesar.  Tetapi jangan salah memprediksi, gejala alam ini dinamakan supermoon.  Akibat gejala ini bulan terlihat akan lebih besar di karenakan akibat dari semakin mendekat nya jarak bulan dengan bumi.


Para ahli metereologi mengatakan bahwa pada tanggal 5 Mei, bulan purnama ini akan bergerak berputar mendekat dengan bumi sekitar berjarak 221.802 mil ( 356.955 kilometer ).  Menurut  Joe Rao, bulan akan melakukan penampakan dengan terlihat besar karena peredaran bulan mengelilingi bumi terlihat tidak beraturan.

Joe Rao, menambahkan bahwa pada tanggal 5 Mei akan terjadi perubahan cahaya bulan yang akan lebih terang dari biasanya hingga 16% dari biasanya.  Sebaliknya, pada tanggal 28 November mendatang bulan akan mengecil dan meredup.

Menurut sumber, gejala supermoon ini akan berdampak pada pasang surut air laut.  Namun pihak peneliti dari Badan metereologi dan geofisika ini belum bisa memastikan bahwa akibat supermoon akan berdampak tsunami atau gempa.

No comments: