Thursday, May 17, 2012

Nutrisi Penolong Untuk Perokok


Sudah di ketahui banyak orang, merokok memiliki kandungan yang dapat menyebabkan penyakit kronis.  Namun sayangnya merokok sudah menjadi kebiasaan yang susah untuk di hilangkan.  Jalan terbaik adalah berhenti merokok, tetapi mungkin sulit.

Ada jalan lain untuk para perokok yang sudah kecanduan, ada makanan yang mengandung nutrisi dapat menghilangkan separuh dari zat kimia yang terkandung dalam rokok yang masuk dalam tubuh kita dengan tetap mengkonsumsi rokok tersebut.

Berikut beberapa makanan yang mengandung nutrisi penolong bagi para perokok, sepertu :

1. Vitamin C

Vitamin C ini mengandung anti oksidan yang sangat kuat, kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas yang masuk dalam paru-paru.  Menurut Linus Pauling Institute, menyarankan bahwa seorang pria meroko harus mengkonsumsi vit C sebanyak 125mg dan pada wanita hanya cukup mengkonsumsi 110mg.  Makanan yang dapat mengandung vit C tersebut adalah melon, jeruk, mangga, brokoli dan kale.

2. Omega 3

Kangker paru-paru adalah penyakit yang di sebabkan oleh zat-zat di dalam rokok dan dapat menyebabkan kematian.  Makanan yang mengandung lemak omega 3 dapat mencegah pertumbuhannya sel kanker pada paru-paru.  Contoh makanan yang mengandung omega 3 seperti ikan tun, kedelai, minyak zaitun, extra virgin, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

3. Teh Hijau

Teh hijau mengandung anti oksidan yang di sebut polifenol.  Zat ini dapat menahan radikal dan racun yang masuk dalam tubuh kita melalui udara.  Orang yang tidak pernah mengkonsumsi teh hijau ini berdampak 10 kali lipat dapat terjadi pembentukan sel kangker dalam tubuh, melainkan orang yang hanya minum satu cangkir teh hijau tiap hari.

4. Buah-buahan

Buah-buahan berwarna gelap seperti blueberry, raspberry, dan jeruk kaya anti oksidan.  Dengan mengkonsumsi buah ini akan menangkal penyakit Kardiovaskuler.  Blueberry dapat menangkal enzim anggiotensin-converting, yang menyebabkan kerusakan pembuluh jantung.


No comments: