Tuesday, May 15, 2012

Makanan Penahan Nafsu Makan


Banyak beredar di pasaran seperti suplemen dan jamu-jamu tradisional yang konon mampu menahan nafsu makan, tetapi apakah itu baik untuk tubuh kita.  Bahkan mungkin itu mengandung bahan kimia yang bahaya bagi tubuh kita.

Sebenarnya hal ini di tujukan untuk melangsingkan tubuh, menahan nafsu makan memang terasa kurang baik untuk di lakukan.  Biasanya, jika obat pelangsing tubuh itu sudah tidak di konsumsi lagi, malahan akan membuat nafsu makan kita lebih dari sebelumnya. 

Dari pada kita mengambil resiko dengan mengkonsumsi obat pelangsing, lebih baik kita menggunakan cara yang alami dan tanpa bahan pengawet, seperti mengkonsumsi makanan sebagai berikut :

1. Alpukat

Buah ini mengandung kaya akan serat dan lemak tak jenuh sehingga tidak membuat gemuk.  Buah yang satu ini, berguna untuk mengatasi kegemukan, karena Alpukat dapat menahan nafsu makan yang baik.  Lemak terkandung dalam Alpukat dapat memberi perut merasa kenyang.  Namun, kita tidak boleh mengkonsumsi banyak, cukup sehari satu buah saja dan tidak boleh di campur dengan susu coklat, gula pasir atau bahan pelengkap lainnya.

2. Apel

Memakan Apel adalah cara paling ideal untuk mengontrol nafsu makan berlebih.  Buah ini mengandung serat dan rendah karbohidrat yang di percayai sebagai makanan untuk pengontrol nafsu makan yang baik.  Selain itu, Apel mampu mengatur kadar glukosa dan dapat meningkatkan energi.

3. Tofu

Tofu merupakan sumber protein dan mengandung isoflavon yang disebut genistein. Zat ini merupakan penahan nafsu makan alami yang tidak membahayakan, jika dibandingkan dengan pil-pil atau suplemen yang banyak dijual di pasaran. Masukkan tofu ke dalam salad, atau bisa diolah dengan cara dijadikan cah atau dicampur dengan sayur.

4. Teh Hijau

 Secangkir teh hijau juga bisa membantu mencegah Anda makan yang berlebihan. Kandungan catechin dalam teh hijau bisa memperlambat proses pembentukan glukosa menjadi sel-sel lemak.

5. Dark Coklat

Coklat ini mengandung 70 % bubuk coklat asli.  Rasanya pahit dan cocok sebagai  penahan nafsu makan yang baik.  Keuntungan lainnya, coklat ini dapat meningkatkan libido, menurunkan berat badan dan memperlambat penuaan, karena di dalamnya terkandung anti oksidan yang sangat tinggi.

No comments: