Sunday, May 13, 2012

Ilmuan Temukan Kupu-Kupu " waria "


Ini hal sangat aneh, ternyata bukan hanya manusia saja yang memiliki alat kelamin ganda, namun ternyata setelah di ungkap, kupu-kupu punya kesempatan menjadi waria berbanding satu dari 10 ribu kupu-kupu yang di lahirkan.

Perbedaan kupu-kupu waria dan normal terlihat jelas dari warna sayapnya.  Kupu-kupu waria terlihat memiliki warna pink yang terlihat jelas pada sayapnya, itu juga yang menandakan kebetinaanya, sedangkan sayap berwarna biru menandakan kejantananya.  Serangga indah ini di beri nama ilmiah dengan Papilio Rumanzovia.

Serangga berkondisi seperti ini disebut dengan gynandromorph.  Menetasnya serangga waria ini membuat para ilmuan yang meneliti serangga ini terkejut.  Pasalnya serangga dengan lahir berkelamin ganda ini hanya 0,01 persen saja.

Kupu-kupu itu menetas di Butterfly World Project, Crishwell Green, Hertfordshire yang di temukan seorang bocah saat sedang berdarmawisata.

Menurut para ilmuan, kondisi tersebut dapat di hasilkan, karena di sebabkan kegagalannya kromosom dalam pemisahan yang terjadi dalam pembuahan. " Saya sangat merasa istimewa dapat melihat kejadian ini, karena ini adalah suatu fenomena yang sangat langka yang terjadi di Butterfly World Project ini ", ujar Butterfly World's Chief Lepidopterist Lousie Hawkins.

No comments: