Tuesday, April 3, 2012

Popcorn Makanan Ringan Kaya Akan Antioksidan

Popcorn adalah makanan ringan yang biasanya menjadi teman untuk menonton film di bioskop-bioskop.  Ternyata makanan ringan ini memiliki reputasi bagus dalam dunia kesehatan.  Para ilmuan mengatakan bahwa di dalam makanan ringan ini mengandung banyak sekali zat antioksidan yang disebut polifenol dibandingkan buah-buahan.

Polifenol adalah senyawa yang dapat membantu melawan moleku-molekul jahat yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh.  Temuan ini rencananya akan dipresentasikan dalam Nastional Meeting and Exposition of the American Chemical Society ( ACS ).

Penelitian ini telah menemukan bahwa dalam kandungan popcorn hampir 300mg antioksidan dan hampir dua kali lipat semua buah-buahan yang hanya perporsinya mengandung 160mg antioksidan, hal yang paling tidak disangka ternyata kulit popcorn mengandung banyak serat dan polifenol yang tinggi, kulit pada popcorn inilah yang mengandung lebih banyak gizi.

Meski begitu, tidak seharunya popcorn adalah yang utama, karena popcorn tidak mengandung vitamin dan nutrisi seperti buah dan sayuran. 

Popcorn adalah makanan ringan yang bermanfaat, pada satu porsi popcorn dapat memberikan 70% asupan gandum yang biasanya dalam sehari orang mendapatkan asupan gandum utuh hanya setengahnya dan makanan ringan ini bisa melengkapinya.

Tetapi akan berbahaya jika cara pembuatan popcorn ini memakai minyak dan mentega yang dapat menimbulkan masalah kesehatan serius seperti lemak dan kolesterol.

No comments: