Tuesday, April 24, 2012

Mengapa Kertas Berubah Menjadi Kuning

Seiring dengan jalannya waktu kertas lama kelamaan akan berubah warna menjadi kuning.  Sebenarnya hal ini sangat di wajar kan dan sudah biasa.  Mosca Conte mencoba menguak untuk meneliti kertas yang berubah menjadi kuning apabila dalam pembuatan nya sudah lama. 

Conte melakukan penelitian dengan tiga sample yang tak di putih kan.  Kertas tersebut di masukan kepada tabung reaktor dengan suhu mirip dengan suhu rumah biasanya selama 48 hari.  Kemudian membandingkan tulisan pada kertas dari abad ke-15, ini untuk membuktikan mengapa kertas dapat berubah warna.

Hasil penelitian menuturkan, bahwa di dalam kertas terdapat 90% selulosa.  Seiring dengan waktu bahan itu menyusun dinding sel tumbuhan itu ter-oksidasi.  Menurut Conte, oksidasi dapat mengubah susunan beragam molekul yang berubah menjadi Chromophores, yang menyerap cahaya.

Kertas terlihat putih karena dapat memantulkan cahaya, kertas tua memantulkan cahaya pada radius dan panjang gelombang tertentu sehingga terlihat menguning.  Hasil ini memungkinkan para peneliti untuk memelihara kertas dan memutihkan teks pada kertas sudah lama.




No comments: