Wednesday, April 25, 2012

Mengkonsumsi Soda Dapat Merusak Kesehatan

Minuman berkarbonasi atau biasa di sebut minuman soda kerap disukai orang saat melepaskan dahaga saat kecapean.  Minuman jenis ini di sukai semua kalangan dari muda sampai tua.  Terasa menyegarkan ketika minum soda dan penuh sensasi ketimbang minum air putih.

Tetapi di balik semua itu, bagi pecinta minuman soda harus waspada akan terjadinya ancaman pada kesehatan anda apabila sering mengkonsumsi dalam waktu yang cukup lama.  Berikut adalah ancaman kesehatan yang suka mengkonsumsi minuman ringan seperti :

1. Obesitas

Minuman yang mengandung manis dapat di kategorikan sebagai minuman yang mengundang berat badan karena mengandung banyak kalori.  Gula di dalam tubuh kita dapat di serap dengan cepat, sehingga dapat menimbulkan kepanikkan dalam tubuh yang mengakibatkan naiknya gula darah.

Sebuah Studi penelitian di UCLA menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi minuman soda dalam seharinya bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan hingga 27% di banding dengan yang tidak pernah minum.

2. Jantung

Sebuah riset di lakukan di Universitas Harvard mengatakan bahwa meneguk 350 ml minuman soda berpemanis meningkatkan penyakit jantung hingga 29%.  Bukan hanya itu juga minuman soda dapat mengakibatkan penyempitan pada arteri yang berujung meningkatnya hipertensi dan penyakit jantung.

Riset lainnya, jika kita mengkonsumsi setiap hari minuman soda akan mengakibatkan stroke hingga 44%.

3. Diabetes

Dalam sebuah minuman soda yang sudah tercampur dengan pemanis buatan mengakibatkan munculnya penyakit diabetes tipe 2.  Beberapa ilmuan di Rutgers menemukan kandungan fruktosa pada minuman soda yang mengakibatkan terjadinya diabetes.

4. Kangker

Penelitian di Inggris menemukan bahwa sodium benzoat yang berguna untuk mencegah timbulnya jamur pada produk minuman soda itu atau biasa di sebut unsur pengawet.  Sodium Benzoat dapat juga berbahaya yang memiliki kemampuan untuk mematikan DNA pada pengkonsumsi minuman ringan itu.

Hal ini dapat menimbulkan sirosis hati dan penyakit lainya.  Para ilmuan di India menemukan bahwa dalam mengkonsumsi soda dapat mengakibatkan resiko kangker kerongkongan.  Zat pemanis buatan di dalam soda itu mangandung seperti aspartam, yang dapat meningkatkan penyakit kangker pankreas, leukemia, limfoma dan payudara.

5. Masalah Paru-paru

Para ilmuan di Australia menemukan bahwa orang yang sering mengkonsumsi minuman soda dapat mengakibatkan masalah pada paru-paru yang timbulnya penyakit asma.

No comments: