Sunday, December 27, 2015

Kenali Kunci dan Tips Sederhana Untuk Pola Makan Sehat dan Berimbang

Untuk menjaga kesehatan tubuh, memiliki pola makan atau diet yang sehat dan seimbang merupakan salah satu faktor penting.  Dengan menjaga kesehatan, selain anda tidak mudah terserang penyakit, tubuh anda juga akan terasa fit dan bugar sepanjang hari.

Pada dasarnya mengatur pola makan yang sehart dan berimbang tidaklah sulit, anda hanya perlu memahami beberapa hal mendasar dan mau memulainya.

Berikut ini akan kami paparkan 8 tips sederhana dan mudah untuk menerapkan pola makan atau diet yang sehat dan berimbang, namun sebelumnya anda perlu memahami dua kunci utama diet yang sehat, yaitu :

  • Makanlah dengan jumlah kalori yang tepat sesuai dengan kebutuhan aktifitas harian anda. Mengonsumsi kalori terlalu banyak akan menyebabkan berat badan anda bertambah. Sebaliknya jika terlalu sedikit maka anda akan kehilangan berat badan.  Rata-rata wanita hanya membutuhkan sekitar 2.000 kalori dalam sehari sementara rata-rata pria membutuhkan hingga 2.500 kalori perhari.
  • Makanlah jenis makanan yang bervariasi untuk memastikan jumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda tercukupi.

Setelah anda memahami dua kunci utama melakukan diet sehat, silahkan terapkan delapan tips sederhana berikut :

1. Makanan bertepung (karbohidrat)
Kebutuhan konsumsi makanan bertepung atau karbohidrat sekitar sepertiga dari total makanan yang anda makan. Sumber karbohidrat antara lain nasim rotim serealm pasta, ubi, singkong dan kentang.
Sebaiknya anda mengonsumsi makanan bertepung yang memiliki indeks glikemik rendah sepertu pasta yang terbuat daru gandum utuh, nasi merah atau kentang beserta kulitnya, karena kandungan seratnya lebih banyak dan membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Selama ini banyak orang menganggap bahwa makanan bertepung berpotensi menaikkan berat badan. Padahal jumlah kalori yang terkandung pada makanan sumber karbohidrat tersebut kurang dari setengah jumlah kalori yang terkandung pada lemak.

2. Perbanyak makan buah dan sayuran
Dalam sehari, minimal konsumsilah lima porsi aneka jenis buah dan sayuran.  Ketika anda makan, isilah sepertiga piring anda dengan sayuran, dan ini dihitung 1 porsi. Satu buah apel atau pisang juga dapat dihitung 1 porsi. Segelas jus buah (150ml) tanpa pemanis juga sama dengan 1 porsi.   Nah jika anda makan 3 kali sehari dengan porsi sayur sepertiga piring anda maka anda sudah memenuhi 3 porsi kebutuhan sayur dan buah.  Anda tinggal menambahkan sepotong buah dan segelas jus buah maka kebutuhan yang direkomendasikan sudah terpenuhi.

3. Makan ikan lebih banyak
Ikan dikenal sebagai sumber protein yang baik dan mengandung banyak vitamin dan mineral. Dalam seminggu minimal konsumsilah 2 porsi ikan. Ikan yang banyak mengandung lemak Omega-3 (oily fish) seperti bandeng , salmon , tongkol , makarel, tuna, dan sarden sangat direkomendasikan karena bermanfaat mencegah timbulnya penyakit jantung.

4. Kurangi konsumsi lemak jenuh
Meskipun manusia membutuhkan lemak, namun sangat penting untuk menghitung jumlah dan jenis lemak yang masuk ke tubuh anda.  Ada lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Asupan lemak jenuh yang terlalu banyak akan berpengaruh meningkatkan kadar kolesterol dalam darah yang akhirnya dapat meningkatkan resiko terserang penyakit jantung.

Kurangilah konsumsi lemak jenuh dan ganti dengan makanan yang mengandung lemak tak jenuh seperti buah alpukat dan minyak ikan.

5. Kurangi gula
Kita gampang menggemari makanan dan minuman yang manis sementara makanan dan minuman yang mengandung banyak gula, termasuk juga  minuman beralkohol justru mengandung banyak kalori dan sangat berperan dalam menaikkan berat badan. Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko kerusakan gigi.

6. Kurangi garam
Mengonsumsi makanan dalam kemasan seperti sereal, sup instant, roti, saos biasanya sudah menyumbang hingga tigaperempat garam yang kita makan. Konsumsi garam yang terlalu banyak akan meningkatkan tekanan darah, yang artinya juga akan meningkatkan resiko terserang penyakit jantung dan stroke.

7. Hindarkan kehausan dan dehidrasi
Untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi, kita perlu minum sekitar 1,6 sampai 2 liter cairan setiap hari. Sebagian kebutuhan cairan ini memang kita dapatkan dari asupan makanan dan minuman yang kita konsumsi. Namun air putih masih menjadi pilihan yang paling baik.

Jika aktivitas fisik and ameningkat atau cuaca lebih panas, maka tingkatkan pula asupan cairan untuk tubuh anda.

8. Jangan melewatkan sarapan
Beberapa orang melewatkan sarapan karena mereka pikir itu akan membantu  menurunkan berat badan. Ini adalah pemikiran yang salah kaprah.

Penelitian menunjukkan, bahwa justru sarapan dapat membantu orang mengendalikan berat badan mereka. Sarapan yang sehat merupakan bagian penting dari diet seimbang. Sarapan juga merupakan 'media' agar kebutuhan nutrisi kita terpenuhi, sejak kita memulai hari. Sereal gandum utuh dengan irisan buah adalah contoh sarapan lezat bergizi tinggi.

No comments: