Sunday, December 27, 2015

Benarkan Hipnoterapi Mampu Mengobati Penyakit?

Meski tampaknya sudah banyak orang yang merasakan manfaat dari hipnoterapi ini namun beberapa ahli kesehatan masih memandangnya sebelah mata. Ada juga sebagian ahli kesehatan yang menganggap bahwa hipnoterapi hanyalah teknik relaksasi dengan mengandalkan kekuatan sugesti sehingga hanya bergantung pada efek plasebo semata.

Lantas, sejauh mana kebenaran bahwa hipnoterapi mampu mengobati penyakit?

Sindrom Iritasi Usus Besar

Menurut beberapa penelitian, hipnoterapi dianggap mampu meringankan gejala sindrom iritasi usus besar atau yang biasa disebut   irritable bowel syndrome (IBS), seperti sakit perut.  Walapun lewat studi ini belum menunjukkan bukti yang kuat, namun National Institute for Health and Care Excellence (NICE) di Inggris tetap mengakui bahwa hipnoterapi adalah pengobatan yang dapat dilakukan pada penderita IBS yang belum merespon pengobatan lain.

Menurunkan Berat Badan dan Berhenti Merokok

Melalui dua buah penelitian yang dimuat di situs riset medis independen Cochrane,  meskipun masih merupakan penelitian terbatas, namun hasilnya menunjukkan bukti bahwa hipnoterapi mampu membantu beberapa orang untuk berhenti merokok dan menurunkan berat badan. Dua buah penelitian tersebut masing-masing dimuat dengan judul artikel Psychological Interventions for Overweight or Obesity di tahun 2009 dan artikelHypnotherapy for Smoking Cessation di tahun 2010.

Masalah Kulit

Melalui beberapa studi ditunjukkan kemampuan hipnoterapi membantu menyembuhkan penyakit kulit jenis eksim pada anak-anak. Hipnoterapi juga diduga dapat membantu penyembuhan masalah kulit lainnya yang tidak terlalu parah, khususnya masalah kulit yang dipicu oleh stress, seperti jerawat. Namun tentu saja perlakuan hipnoterapi ini harus disertai dengan pemberian obat yang sesuai.

Kecemasan, Kehamilan dan Persalinan

Penelitian lain menunjukkan kemampuan hipnoterapi dalam meredakan kecemasan. Namun sekali lagi penelitian ini juga masih memerlukan bukti lain yang lebih kuat. Hipnoterapi juga diyakini dapat membantu mengurangi kegelisahan pada ibu hamil serta mengurangi rasa nyeri yang timbul saat persalinan.

Sejauh ini memang kesimpulan-kesimpulan mengenai manfaat hipnoterapi masih kurang kuat karena didapat melalui penelitian-penelitian dalam skala kecil dan terbatas dimana kualitas penelitiannya masih kurang memadai secara ilmiah. Namun tidak ada salahnya jika anda ingin mencobanya selama anda tahu dan mengerti bagaimana cara menjalani hipnoterapi yang tidak akan membahayakan kesehatan anda.

Anda juga harus bijak dalam memilih hipnoterapis. Saat ini ada kelompok hipnoterapis yang berasal dari tenaga kesehatan profesional kemudian mempraktekan hipnoterapi serta ada yang melakukan praktik hipnoterapi hanya dengan sedikit latihan. Nah, pastikan anda memilih hipnoterapis yang memiliki latar belakang ilmu kesehatan yang cukup kuat seperti misalnya dokter dan psikiater.


No comments: