Sunday, August 3, 2014

4 Hal yang Membuat Klaim Asuransi Cepat dan Mudah Cair

Penting Mengetahui Berbagai Hal yang Dapat Membuat Klaim Asuransi Cepat Cair
Penting Mengetahui Berbagai Hal yang Dapat Membuat Klaim Asuransi Cepat Cair
Saat musim mudik lebaran maka jumlah kecelakaan yang terjadi semakin besar, hal ini penting bagi setiap pemudik untuk memiliki asuransi pribadi yang diluar tanggungan perusahaan. Namun bagi Anda yang tertarik menjadi nasabah asuransi ada baiknya perlu memperhatikan beberapa hal yang perlu diketahui agar klaim asuransi dapat dicairkan. Hal apa sajakah itu?
  • Kecocokan dan Kelengkapan Identitas, banyak terjadi para keluarga yang berusaha untuk klaim asuransi tidak dapat menerima klaim lantaran identitasnya tidak sama atau kelengkapan identitas tidak dipenuhi. Karena kecocokan dan kelengkapan identitas ini sendiri lebih sering terjadi dan cukup mempersulit pencairan asuransi kecelakaan atau jiwa.

    Julian Noor selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengatakan : apabila identitasnya tidak sama dengan pemegang aslinya, atau tulisan beda huruf saja dapat berakibat klaim asuransi tidak dapat cair. Apalagi menggunakan identitas palsu atau nama samaran, ini akan menjadi masalah. Oleh Sebab itu, ketika mendaftar asuransi pastikan identitasnya benar dan sesuai dengan KTP, Paspor dan Identitas Lainnya.

    Julian juga menambahkan, penting juga untuk menyertakan nama lengkap anggota keluarga yang dijadikan sebagai ahli waris. Ini untuk kemudahan pencairan saat pemegang polis meninggal dunia karena kecelakaan.
  • Dapat memberikan keterangan dari pihak kepolisian dan rumah sakit terkait penyebab kematian. Salah satu hal yang penting yang dapat menyebabkan klaim asuransi mudah dicairkan adalah apabila pihak asuransi dapat melihat tidak adanya kesengajaan atau kelalaian dalam kecelakaan yang terjadi.

    "Cepat atau lambatnya proses pencairan klaim melihat penyebabnya, ada unsur kesengajaan atau tidak. Kalau kecelakaan kan harus ada identifikasi korban. Ada penetapan ahli waris, ini penting untuk diteliti karena akan menentukan pencairan klaim. Jadi butuh waktu," katanya.
  • Tahu wilayah atau negara mana saja yang ingin dijaminkan asuransinya. Tentu asuransi tidak bisa dicairkan apabila kecelakaan terjadi pada daerah konflik, seperti penerbangan yang melintasi daerah terlarang.

    "Misalkan penerbangan, apakah itu melintasi daerah terlarang atau tidak. Kalau itu masuk dalam larangan polis asuransi berarti itu dikecualikan. Tapi biasanya soal larangan terbang ini tanggung jawab maskapai penerbangan," katanya.
  • Tidak lalai. Faktor sepele ini dapat menyebabkan asuransi tidak cair. Contohnya seperti tidak memiliki SIM ketika berkendara maka pihak asuransi dapat memberikan pengecualian terhadap pemegang polis tersebut.

    "Kalau misalnya pengendara tidak punya SIM tapi tetap mengendarai ya itu namanya dikecualikan karena nggak termasuk yang dicover asuransinya karena melanggar ketentuan termasuk mengendarai lawan arus, sopirnya pakai narkoba, itu tidak akan pernah dijamin, itu bagian dari kelalaian, kalau ada unsur kriminal nggak bisa,” paparnya.
Itulah 4 cara agar klaim asuransi dapat cepat cair. Mudah-mudahan bermanfaat, dan dapat dijadikan rujukan bagi Anda yang saat ini mungkin hanya memiliki asuransi di tempat kerja namun tidak memiliki asuransi kecelakaan atau asuransi jiwa. Asuransi jiwa dan kecelakaan sangat penting, terutama bagi Anda yang suka berpergian atau jika dirumah tapi sering mengalami bencana alam. Tentu kejadian kecelakaan diluar pekerjaan tidak dapat dicover oleh asuransi perusahaan, memiliki asuransi pribadi sangat penting bagi Anda. Dan artikel inilah yang dapat membantu Anda untuk mencairkan berbagai asuransi kecelakaan, jiwa dan lain-lain.

No comments: