Wednesday, May 7, 2014

Benarkah Sebuah Pelukan dapat Menurunkan Demam Anak ?

Terkadang seorang ibu merasa sangat kebingungan disaat anaknya mengalami demam tinggi, apalagi untuk ibu yang baru mempunyai anak. Namun, anda tidak perlu khawatir, pasalnya hanya dengan pelukan dari seorang ibu, hal tersebut dapat membuat demam anak turut lho, Tidak percaya?. Seorang dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, dokter spesialis anak dari Sentra Laktasi Indonesia telah menegaskan bahwa pelukan bukan sekadar memanjakan anak atau menyayanginya, tapi pelukan juga merupakan cara yang bisa membantu menurunkan suhu badannya yang sedang kedinginan.Hal itu bisa terjadi karena dekapan skin to skin antara ibu dan anak bisa perlahan menghangatkannya. Sehingga membantu suhu tubuh anak kembali normal.

Dalam acara “Smart Mom: For Thinking Mother” di SHY Roof Top (The Papilion), Kemang, Jakarta Selatan, pada April lalu. Iya mengatakan "Ini (pelukan) adalah hasil penelitian. Pelukan memang bisa membantu suhu tubuh anak kembali normal," ujarnya.

Sebenarnya tidak hanya dengan pelukan ibu, dengan pelukan seorang ayah juga bisa meredakan demam anak.Caranya pun sama, yaitu memeluknya di dada mereka dengan kulit yang menempel dengan kulit si anak.

Oleh karena itu, jika si kecil mengalami kedinginan atau demam, sebagai penanganan awal para orangtua bisa memeluknya dengan dekapan yang menghangatkannya. Dan jangan lupa, saat anda memeluk harus ada unsur skin to skin, seperti yang dipesankan oleh dr. Wiyarni.

No comments: