Friday, May 31, 2013

Resiko Ibu Hamil Akibat Merokok

 

Peroko pasif maupun peroko aktif pada ibu yang sedang hamil akan menyebabkan dampak yang kurang baik untuk si janin yang di dalam perut.  Berbagai resiko yang akan di timbulkan akibat asap rokok pada ibu hamil bagaikan mimpi buruk, tidak sedikit wanita yang sedang hamil tidak menyadari akibat asap rokok untuk janin.
 
Data dari Australia tercatat sekitar 12 persen wanita merokok pada saat kehamilan.  Peroko pasif maupun aktif sangat menimbulkan pengaruh besar dengan perkembangan janin.

Ketika asap rokok yang terhisap oleh ibu hamil, maka pada saat itulah zat berbahaya yang di timbulkan dari asap rokok akan masuk pada aliran darah yang dapat melewati plasenta dan mempengaruhi janin yang di kandung.  Plasenta tersebut tidak dapat menyaring zat berbahaya yang terdapat pada darah si ibu.

Penyebab perokok yang akan menghambat perkembangan janin adalah sewaktu aliran darah yang tercemar oleh zat berbahaya dari pembakaran tembakau maka dari itu jumlah oksigen dan nutrisi yang di dapat oleh janin akan berkurang, maka dari itulah janin akan sulit berkembang.

Ini dia beberapa resiko yang akan timbul akibat ibu perokok, seperti :

1. Peningkatan risiko keguguran dan kematian saat baru lahir
2. Peningkatan risiko kelahiran prematur dan berat badan lahir rendah
3. Penurunan fungsi paru-paru saat lahir
4. Meningkatkan respon laergi dan asma pada anak
5. Peningkatan risiko kematian mendadak yang tak terduga pada bayi, yang mencakup sindrom kematian bayi mendadak (SIDS) dan kecelakaan yang fatal saat tidur
6. Peningkatan risiko komplikasi selama kelahiran

Untuk itulah para wanita hamil di usahakan harus menghindari asap rokok yang berbahaya karena akan merugikan.

No comments: