Wednesday, May 22, 2013

Beberapa Efek Setelah Berhenti Merokok pada Paru-paru



Bagi para perokok, lebih baik segera berhenti. Karena efek yang Anda dapatkan jauh lebih berharga dibanding kepuasan semata. Baru sebentar berhenti merokok, Anda bisa merasakan manfaatnya bagi tubuh.

Berikut efek-efek pada paru-paru yang tergantung dari berapa lama Anda berhenti merokok. Seperti :

Setelah 72 jam


Jika Anda perokok, ada kabar baik. Tubuh manusia merupakan mesin penyembuhan. Jika berhenti merokok dalam keadaan sehat, tubuh bisa sembuh dari sebagian besar atau bahkan semua kerusakan akibat dari merokok.

Setelah berhenti selama 72 jam, paru-paru mulai memperbaiki diri sendiri. Dan mungkin Anda mulai bernapas lebih mudah dan lebih baik karena tabung bronkial di paru-paru mulai relaks.

Sembilan bulan

Antara dua minggu sampai tiga bulan setelah berhenti merokok, sirkulasi akan membaik dan fungsi paru-paru meningkat 30 persen. Fungsi paru-paru itu akan terus meningkat selama sembilan bulan sebagai silia (struktur kecil seperti rambut) yang mulai tumbuh kembali.

Saat sembilan bulan, merokok yang berkontribusi pada batuk, kemampatan, dan sesak napas, harusnya mengurangi dan berhenti.

Satu tahun

Jika telah berhenti merokok selama satu tahun, risiko penyakit jantung koroner akan turun menjadi setengah dari ketika Anda merokok. Setelah lima tahun, risiko stroke akan turun bagi yang bukan perokok.

Dan setelah 10 tahun, risiko kanker paru-paru akan turun hingga setengahnya. Ditambah lagi risiko lain dari rokok yang menyebabkan kanker, seperti dari mulut, tenggorokan, kerongkongan juga akan menurun.

Cara mempercepat pemulihan

Selama sembilan bulan pertama, beberapa strategi bisa bantu paru-paru pulih. Terutama ketika mulai batuk berlendir atau bahan lain dari paru-paru.

Makan yang benar, tidur cukup, dan olahraga ringan. Minum setidaknya satu liter air sehari untuk mengencerkan lendir. Gunakan penguap wajah atau bernapas dalam mandi uap akan membantu.

Rebus sepanci air dan letakkan di atas meja. Duduk agar kepala Anda bisa berada di atas sepanci air. Gantungkan handuk di atas kepala untuk bernapas di uap.

No comments: