Friday, March 29, 2013

Langkah Bangun Percaya Diri

Apakah Anda merasa tidak percaya diri dan malu baik dalam penampilan atau hal lain? Jangan sampai Anda terlarut dalam hal itu. Yakin dengan kemampuan yang dimiliki dan dapatkan percaya diri.

Jika belum berhasil, cobalah latihan mental dari psikolog olahraga JoAnn Dahlkoetter, Ph.D untuk mendapatkan kepercayaan diri dalam lima menit.

Langkah 1

Ambil selembar kertas dan gambar garis vertikal di bagian tengah.

Langkah 2

Pikirkan semua hal negatif tentang diri Anda dan kompetisi lari yang Anda ikuti. Jika berpikir 'Saya terlalu lamban untuk bisa memenangkan kompetisi itu, Saya tidak cukup kuat untuk mencoba olah raga itu', tuliskan di bagian kiri halaman.

Langkah 3

Perhatikan kalimat negatif yang pertama tadi dan tanyakan pada diri sendiri, "Bagaimana Saya akan melatih diri sendiri menghadapi itu?" Di bagian kanan halaman, tuliskan cara yang positif untuk mengatasi ketakutan itu. Jika takut atau terlalu lamban, tuliskan, "Ada pelari dengan berbagai kemampuan dan Saya semakin bertambah cepat saja setiap harinya"

Langkah 4

Lanjutkan untuk menyandingkan setiap pikiran negatif dengan pikiran positif hingga tuntas semuanya tertulis. Anda akan segera merasa lebih baik. Simpan tulisan tadi untuk dibaca lagi saat keraguan muncul.

No comments: