Thursday, March 21, 2013

Kekurangan Vitamin D Bisa Pacu Kangker Pada Perokok

 

Rokok merupakan faktor penyebab utama kematian, setidaknya 30 persen akibat kanker. Ternyata, rendahnya kadar Vitamin D pada perokok yang bisa mengembangkan kanker.

Pada tes darah, vitamin D dan suplemen ternyata meningkatkan kesehatan perokok. Perokok yang kekurangan Vitamin D bisa meningkatkan kemungkinan mengalami kanker.

Sejumlah kanker yang bisa dipicu dari rokok seperti kandung kemih, leher rahim, kepala kerongkongan, dan leher, ginjal, paru-paru, pankreas, dan perut, serta leukemia myeloid.

Dalam penelitian baru ini, Afzal, mengukur kadar vitamin D di dalam sampel darah yang dikumpulkan di 1981-1983. Sebanyak 10.000 orang Denmark dari populasi umum yang ikut dalam penelitian tersebut. Kemudian peneliti mengikuti peserta studi hingga 28 tahun melalui Registry Kanker Denmark.

Dari peserta, 1.081 mengembangkan kanker yang berhubungan dengan tembakau. Para peneliti menentukan, konsentrasi Vitamin D median pada peserta yang terkena kanker sekitar 14,8 ng/mL, dibandingkan dengan konsentrasi median yang ditemukan untuk semua peserta yakni 16,4 ng/mL.

Hasil ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa risiko kanker berhubungan dengan tembakau dikaitkan dengan konsentrasi vitamin D yang lebih rendah. Data menunjukkan, asap kimia pada tembakau bisa mempengaruhi metabolisme Vitamin D dan fungsinya, sedangkan Vitamin D bisa memodifikasi karsinogenetik asap kimia pada tembakau.

Menariknya, rendahnya kadar Vitamin D tidak berhubungan dengan risiko jenis kanker lainnya.

"Analisis kami menunjukkan bahwa hubungan antara konsentrasi yang lebih rendah dari plasma vitamin D dan risiko yang lebih tinggi terkena kanker bisa didorong oleh tembakau, yang berhubungan dengan kanker sebagai kelompok yang belum pernah terlihat sebelumnya," kata penulis Borge G. Nordestgaard, MD, MDSc.

"Ini penting untuk penelitian masa depan dengan menyelidiki hubungan Vitamin D dan risiko kanker  Penelitian ini dipublikasikan secara online dalam Clinical Chemistry, jurnal AACC

No comments: