Tuesday, March 26, 2013

Atasi Sakit Punggung Dengan Cara Ini

Nyeri punggung merupakan keluhan yang hampir dirasakan oleh semua orang. Biasanya terjadi setelah berolahraga atau tubuh berada dalam posisi yang kurang nyaman dalam waktu lama. Sebagian besar nyeri punggung hanya berlangsung singkat. Namun, jika Anda mengalami nyeri punggung dalam waktu yang lama, segera periksakan diri Anda ke dokter.

Ini dia 5 tips jitu mengatasi sakit punggung seperti yang di lansir oleh majalah pria Indonesia, Malezones :

Kurangi Berat Badan

Kelebihan berat badan memang menjadi sumber banyak sekali penyakit. Salah satunya adalah nyeri punggung. Jika Anda sering mengalami nyeri punggung bisa jadi berat badan Anda adalah pemicunya. Untuk itu, mulailah menjalankan program diet dan berolahraga secara teratur untuk menurunkan berat badan anda.

Kuatkan Otot Perut Anda

Otot perut adalah pusat kekuatan tubuh. Otot perut yang lemah dapat membuat keseimbangan tubuh Anda terganggu saat beraktivitas sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung. Latihlah otot perut Anda untuk meningkatkan kekuatan bagian tengah tubuh Anda. Contoh latihan untuk perut Anda adalah, crunch, leg raise atau plank. Latihan kardio 30 menit sehari juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan pinggul Anda.

Tingkatkan Fleksibilitas Otot Kaki Dan Punggung Bagian Bawah

Selain meningkatkan kekuatan otot perut, Anda juga harus menjaga fleksibilitas otot kaki dan punggung bagian bawah Anda. Caranya dengan melakukan latihan peregangan pada bagian hamstring, quadriceps dan otot di sekitar pinggul Anda. Latihan ini efektif untuk mengurangi risiko cedera dan nyeri punggung.

Perbaiki Posisi Tubuh Saat Beraktivitas

Posisi yang salah ketika Anda duduk atau tidur merupakan penyebab terjadinya nyeri punggung. Biasanya nyeri punggung terjadi jika Anda bekerja terlalu lama di depan komputer. Lakukan peregangan di sela-sela Anda bekerja, agar otot menjadi lebih rileks. Atau gunakan ergonomic chair untuk menghindari nyeri punggung.

Gunakan Bagian Tubuh Yang Tepat Saat Berlatih

Jika anda aktif berlatih beban, penting untuk tetap menjaga tulang punggung dalam posisi netral saat otot perut menahan beban. Latihan crunch, leg raise dan plank yang sudah Anda lakukan baik untuk menjaga kekuatan otot perut saat Anda berlatih beban, sehingga dapat mengurangi risiko nyeri punggung.

Pengobatan nyeri punggung sendiri sangat tergantung penyebabnya. Lain penyebab lain pula penanganannya. Konsultasikan k dokter Anda jika nyeri punggung Anda tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama.

No comments: