Thursday, January 17, 2013

Karbohidrat Yang Dapat Membantu Diet

Karbohidrat adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Dengan makan karbohidrat, orang bisa mengontrol asupan makanan lebih sedikit, dan bisa membakar banyak kalori ditambah dengan rasa kenyang yang dirasakan. Karbohidrat juga bisa membuat kita menjadi lebih semangat dan mengurangi stres.

Berikut beberapa jenis karbohidrat yang bisa membantu menurunkan berat badan, seperti :

1. Pisang

Pisang adalah sumber karbohidrat yang kaya pati. Pisang yang matang menawarkan 4,7 gram lemak flusher dan pisang yang kurang matang mengandung 12,5 gram.

Pisang juga kaya serat yang bisa menekan selera makan. Satu pisang ukuran sedang, mengandung asam amino triptofan yang diubah menjadi serotonin kimia otak yang bisa menenangkan Anda, dan meningkatkan mood Anda.

Minum jus atau shake pisang yang dibuat dengan es ditambah susu dan 2 sendok teh madu.

2. Oatmeal

Makan oatmeal untuk sarapan dapat membantu Anda makan lebih sedikit sepanjang hari. Dalam serangkaian percobaan, para peneliti di Italia menggantikan tepung dalam roti dan pasta dengan gandum.

Mereka menemukan bahwa bahkan ketika makanan tersebut memiliki jumlah kalori yang sama, oatmeal bisa membuat seseorang makan sedikit sepanjang hari.

3. Buncis dan Kacang-kacangan

Hampir setengah dari sayura biji berasal dari pati resisten yang bisa menurunkan berat badan. Buncis dan kacang-kacangan juga merupakan sumber karbohidrat yang sangat kaya serat.

Tidak mengherankan jika sebuah penelitian di Kanada yang diikuti oleh 1.475 pria dan wanita menemukan kalau mereka yang mengkonsumsi kacang secara teratur cenderung berat badannya berkurang dan memiliki lingkar pinggang lebih kecil daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Peneliti juga menemukan kalau wanita yang senang makan kacang-kacangan sekitar 23% lebih kecil kemungkinannya untuk kelebihan berat badan.

4. Kentang

Selain memiliki serat yang tinggi, kentang adalah sumber alami inhibitor proteinase, zat kimia alami yang meningkatkan hormon kenyang dan nafsu makan bertambah.

Kentang juga bisa mengisi 300 kalori, maka dari itu makan kentang bisa menurunkan berat badan tanpa Anda harus merasa lapar sepanjang hari.

5.Beras merah

Beras merah lebih lama dimasak dibanding dengan beras putih. Tapi beras merah mencerna lebih lambat. Sebuah studi menemukan kalau kadar gula darah seseorang bisa 24 persen lebih rendah pada orang yang mengkonsumsi beras merah, dibandingkan dengan peserta yang makan nasi putih.

Studi lain menemukan bahwa makan nasi hitam dan coklat lebih sehat daripada makan nasi putih, melainkan menghasilkan pengurangan besar dalam indeks berat badan, massa tubuh dan lemak tubuh.

6. Keripik kentang

Semua orang pasti heran. Ya, keripik kentang bisa menurunkan berat badan. Kandungan kentang yang memiliki banyak serat ternyata bisa membantu mengurangi lapar.

No comments: