Sunday, October 21, 2012

Bahaya Wanita Bila Kekurangan Kalsium



Kaum wanita yang kekurangan kasium akan menyebabkan hormon berlebihan pada kaum wanita. Kondisi yang dikenal sebagai hiperparatiroidisme primer mempengaruhi satu dari 800 orang selama masa hidup mereka. Hal ini paling sering terjadi pada wanita pasca-menopause berusia antara 50 dan 60 tahun.

Kekurangan kalsium menyebabkan kelenjar terlalu aktif sehingga mengeluarkan hormon paratiroid yang berlebihan. Akibatnya, tulang menjadi lemah, patah tulang dan batu ginjal. Selain itu, kekurangan kalsium juga dihubungkan dengan tekanan darah tinggi, serangan jantung dan risiko stroke.

Asupan Kalsium diketahui mempengaruhi produksi hormon paratiroid dan penting dalam pengembangan PHPT. Penelitian itu dilakukan terhadap 58.354 wanita berusia antara 39 dan 66 tahun pada tahun 1986.

Untuk menghindarinya, kaum hawa diminta untuk secara rutin mengonsumsi kalsium. "Peningkatan asupan kalsium, termasuk diet, dan suplemen kalsium, secara independen terkait dengan penurunan risiko terkena hiperparatiroidisme primer pada wanita," kata James Norman, salah seorang peneliti.

No comments: