Wednesday, August 1, 2012

Ingin Hidup Sehat ? Tinggalkan Minuman Soda


Minuman berkarbonasi atau minuman soda sudah banyak beredar di pasaran dan sangat laku keras, minuman soda ini biasanya di manfaatkan pada saat bersantai bareng teman-teman, nonton bioskop, bahkan saat makan di restoran.

Namun, kita mesti waspada. Pasalnya, minuman soda memiliki banyak efek samping yang berbahaya, bahkan bisa membahayakan kesehatan jangka panjang. Berdasarkan studi terbaru, minuman ringan tersebut dapat menyebabkan penambahan berat badan dan masalah kesehatan jangka panjang jika diminum setiap hari selama sebulan.

Dalam studi yang digelar di Bangor University dan dipublikasikan dalam European Journal of Nutrition dinyatakan bahwa minuman ringan dapat mengubah proses metabolisme. Otot-otot yang awalnya menggunakan gula untuk membakar lemak, berubah fungsi menjadi sumber energi.

Minuman bergula itu juga dapat menyebabkan perubahan perilaku gen-gen di dalam otot, bahkan secara permanen. Selain itu, minuman ringan itu bisa berdampak pada tidak efisiennya metabolisme tubuh dan kurang mampu mengatasi kenaikan gula darah, sehingga gejala ini dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2.

"Setelah melihat hasil penelitian itu, saya tidak menyentuh minuman lagi. Minuman ini sangat berbahaya," ujar pemimpin studi, ilmuwan biologi dan pakar Nutrisi Olahraga Hans-Peter Kubis.

No comments: