Tuesday, July 10, 2012

Bangun Pagi yang Bahagia


Bangun pagi biasanya hal yang sangat malas, namun bagaimana jika kita dapat merasa senang ketika bangun pagi ? Penelitian yang dilakukan di Universitas Toronto, Kanada, menemukan bahwa orang yang bangun pagi umumnya lebih bahagia dan lebih tenang.

Meneurut peneliti, mereka yang terbiasa bangun pagi akan mudah beradaptasi dengan mode pekerjaan apa pun, termasuk mode kerja konvensional selama delapan jam. Selain itu, mereka juga akan memiliki fungsi kekebalan tubuh dan lebih sehat dibandingkan dengan orang yang bangun terlambat.

Penelitian itu melibatkan 735 relawan. Responden dibagi menjadi dua: 435 orang berusia 17 hingga 38 tahun dan, 300 orang lainnya berusia 59 hingga 79 tahun. Hasilnya, orang yang berusia lansia merasa lebih sehat karena mereka terbiasa bangun pagi. Sementara, relawan yang berusia produktif mengeluh cepat merasa lelah karena sudah terbiasa bangun siang.

Manfaat lain bangun lebih pagi bisa memiliki tubuh lebih ramping. Sebaliknya, mereka yang tidur lebih malam justru rentan merasa tertekan atau stres, sehingga memicu tubuh menjadi lebih gemuk.

No comments: