Thursday, May 3, 2012

Mencari Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Saat ini semakin banyak perusahaan ataupun pelaku bisnis individu yang melirik dunia online sebagai media promosi dan marketing bisnis mereka. Daripada menghabiskan dana yang besar untuk melakukan promosi secara konvensional, menggunakan strategi marketing online relatif lebih murah dan cukup efektif jika dikelola dengan benar.
Apalagi saat ini hampir setiap orang telah memiliki browser dan mesin pencari Google di tangan mereka yang tidak lepas dari smartphone. Trend mencari informasi maupun mencari produk dan jasa lewat mesin pencari inipun terus berkembang. Apalagi masyarakat semakin menyadari bahwa mencari infiormasi, produk ataupun jasa lewat Google sangat efektif dan jauh lebih cepat dibandingkan mencari dengan cara-cara konvensional. Trend inilah yang harus dilirik pelaku bisnis dengan membuat website untuk bisnis mereka dan kemudian memposisikan website mereka di indeks halaman pencari Google dengan baik sehingga akan menjaring pengunjung-pengunjung yang mencari informasi yang berhubungan dengan bisnis yang ditawarkan.
Bagi perusahaan menengah dan besar, merekrut sejumlah tenaga kerja seperti web designer, web programmer serta admin dan ahli internet marketing untuk membangun website perusahaan tentu bukan hal yang sulit. Namun bagi perusahaan-perusahaan kecil ataupun pelaku bisnis individu tidak akan mudah karena mempertimbangan faktor biaya tetap yang harus dikeluarkan. Untuk menjaring kebutuhan para perusahaan kecil dan pelaku bisnis individu inilah maka banyak bermunculan jasa pembuatan website lokal.
Saat ini mungkin sudah mencapai ratusan jasa pembuatan website lokal yang bisa kita temukan lewat pencarian menggunakan Google. Ada yang dijalankan secara freelance dan ada pula yang berbentuk perusahaan jasa. Berbagai jenis jasa yang berhubungan dengan web development ditawarkan oleh jasa-jasa lokal ini. Masing-masing mencoba memberikan penawaran dengan keunggulan-keunggulan serta harga jasa yang berbeda.
Yang perlu diperhatikan oleh pengguna jasa adalah masalah kualitas. Kalau kita membandingkan harga jasa web design yang ditawarkan sangat bervariasi. Ada yang kelihatan sangat murah dan ada juga yang tampaknya terlalu mahal. Namun kita harus jeli bahwa kualitas adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan. Harus diingat bahwa keputusan untuk membangun website bagi bisnis anda adalah untuk menjalankan marketing online. Biaya jasa web design yang anda keluarkan adalah investasi dimana website yang dihasilkan kemudian akan menjadi alat marketing bagi bisnis anda. Lantas bagaimana memilih jasa pembuatan website yang tepat? Bagaimana menilai kualitas website yang dihasilkan oleh si pemberi jasa? Berikut beberapa tips dalam mempertimbangkan sebuah jasa pembuatan website agar anda tidak dikecewakan dikemudian hari :

 1. Pelajari portfolio 
 Portolio adalah alat paling mudah kita menilai kualitas jasa web design secara kasat mata. Yang bisa kita pelajari dari portfolio adalah kualitas hasil desain tampilan website. Kemudian kemudahan pengunjung dalam memahami konsep website-website yang dibuat. Kualitas tampilan website merupakan faktor penting dalam memberikan first impression bagi pengunjung untuk bertahan dan mempelajari lebih lanjut mengenai jasa/produk yang ditawarkan dalam sebuah website.

2. Tanyakan sistem/CMS yang digunakan. 
Banyak jasa pembuatan website lokal yang boleh dibilang masih prematur saat ini. Penyedia jasa tidak memiliki keahlian web programming yang memadai dan hanya menggunakan aplikasi opensource untuk membangun website. Karena keterbatasan-keterbatasan inipun banyak pengguna jasa yang dikecewakan karena kebutuhan mereka akhirnya tidak terpenuhi. Menggunakan jasa pembuatan website yang menggunakan opensource memang bisa menjadi alternatif karena jasa ini relatif lebih murah. Namun pengguna jasa harus mengerti atau diberi pengertian mengenai konsekuensi-konsekuensi dibalik penggunaaan software opensource. CMS yang dihasilkan dengan opensource relatif lebih rumit dan kompleks untuk dikelola. Apalagi jika pemilik website atau adminnya tidak memiliki keahlian dan penguasaan yang memadai dalam mengoperasikannya. Selain itu opensource tidak dapat mengakomodir semua keinginan pemilik website karena batasan-batasan yang ada. Belum lagi keharusan melakukan update cms secara rutin dan masih banyak masalah yang sering ditimbulkan oleh cms opensource.

3. Tanyakan dukungan teknis yang disediakan 
Keluhann yang sering muncul pada pengguna jasa pembuatan website adalah masalah dukungan teknis aftersales. Ketika terjadi gangguan dalam sistem website mereka, jasa pembuatan website yang digunakan sangat sulit dihubungi dan bahkan tidak mampu melakukan perbaikan.

4. Diskusi secara mendalam
Yang paling penting ketika anda mempertimbangkan sebuah jasa pembuatan website adalah dengan mendiskusikan secara mendalam mengenai jasa yang ditawarkan, layanan dan jaminan apa saja yang anda dapatkan, benefit apa aja yang akan mereka berikan kepada anda, masalah-masalah apa yang biasanya sering timbul dan bagaimana pemecahannya? Semakin banyak anda melakukan diskusi maka semakin jelas seberapa jauh kemampuan si penyedia jasa dan seberapa banyak layanan yang bisa anda dapatkan dari mereka.

No comments: