Monday, April 9, 2012

Sosok Iblis Terlihat Di Lukisan Giotto


Para pekerja restorasi telah menemukan sebuah sosok muka iblis pada awan putih yang terdapat pada lukisan dinding karya pelukis ternama Giotto di Basilika Italia.

Sosok itu tersembunyi pada awan putih tebal dan berada pada bagian atas Fresco no 20, sosok ini dapat terlihat jelas apabila dilihat dari kedekatan.

Dalam lukisan ini merangkai sebuah kehidupan Santo Franciscus yang dibuat oleh Giotto pada abad ke-13.

Gambar iblis pada lukisan itu telah di temukan oleh salah seorang ahli sejarah seni di Italia yang bernama Chiara Frugone.  Sang iblis digambarkan dengan senyuman yang licik, mempunyai hidung mancung yang bengkok, dan tanduk gelap yang tersembunyi samar-samar pada awan.

Iblis ini ditemukan tepat pada gambar kematian seorang Santo Fraciscus, dan sosok ini sangat susah di lihat pada lantai Basilika karena letaknya yang jauh dari lantai dan bentuk yang kecil juga samar-samar.

Sergio Fusetti adalah kepala restorasi Basilika angkat bicara" bahwa Giotto dalam melukis tentang kematianya Santo Franciscus tidak serta merta berharap melukis wajah iblis itu dengan maksud tertentu, melainkan hanya iseng dan tak mempunyai arti tertentu.


No comments: