Monday, April 9, 2012

Alasan Penting Mengkonsumsi Telur

Telur adalah makan praktis cepat saji yang siap dihidangkan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.  Dulu sebelum dilakukan penelitian, telur adalah makanan yang kurang sehat untuk dikonsumsi. 

Seiring dengan perkembangan penelitian terhadap telur, ternyata telur adalah makanan sehat dan bermanfaat.  Sebutan telur dengan makanan tidak baik untuk di konsumsi itu hilang seketika hilang.

Sebenarnya dalam kandungan telur terdapat banyak manfaat untuk kesehatan pada tubuh kita seperti alasan-alan yang di kutip di bawah :

1. Jantung Sehat

Jantung yang sehat adalah dambaan semua manusia,  mereka yang menghindari kolesterol cenderung memiliki jantung yang mungkin kurang sehat, kolesterol terdapat juga pada kuning telur.  Satu kuning telur terdapat kandungan kolesterol sebanyak 186 mg dan jumlah itu cukup untuk kandungan kolesterol setiap harinya.  Bagi yang memiliki jantung yang kurang sehat di harapkan hanya memakan 1 butir saja setiap harinya.

Namun pada putih telur tidak memiliki kandungan lemak, jadi untuk mengkonsumsi telur masih sangat di perbolehkan.

2.  Menurunkan Berat Badan

Telur adalah cemilan bagi siapa saja yang akan menurunkan berat badan dan mengatur pola makan yang rendah kalori.  Dalam satu telor rebus terdapat protein sebanyak 6 gram dan 80 kalori yang terkandung dalam telur.  Perlu diketahui juga bahwa putih telur hanya memiliki 15 kalori perbutir.  Jadi, telur dapat dimakan untuk orang yang sedang diet dan dapat mengenyangkan.

3. Makanan Kaya Nutrisi

Selain untuk mengatur pola makan, telur terkandung kaya nutrisi seperti vit A, zat besi mineral, seng, fosfor, dan DHA yang merupakan kunci untuk menyehatkan otak.  Untuk para vegetarian telur dapat di makan untuk menggantikan makanan jenis hewani karena terkandung B12.

4. Telur Mentah

Semua telur mentah sangat dilarang karena mengandung bakteri salmonella yang dapat mendapatkan resiko penyakit.  Anggapan pada orang yang menyukai telur mentah adalah bahwa telur yang mentah dapat menghasilkan nutrisi yang penuh di bandingkan yang digoreng, dengan anggapan seperti itu sangatlah tidak di benarkan.

5. Cara Sehat Makan Telur

Merebus,dan mengoreng telur adalah sangat di anjurkan untuk proses pembuatanya, karena telor sangat rendah kalori dan cocok untuk camilan sehat saat malam.

No comments: