Wednesday, April 11, 2012

Lele Unik Ditemukan di Ekuador

Spesies baru lele dengan mulut penghisap mirip ikan sapu-sapu ini di temukan di Ekuador.  Lele ini masih termasuk dalam golongan Armored Catfish.  Golongan ini adalah jenis lele yang memiliki sirip berlapis plat tulang keras dan biasa disebut lele lapis baja.

Windson Aguirre adalah ilmuan dari DePaul University yang telah menemukan 5 specimen dari lele tersebut yang di temukan di sungai Santa Rosa pada 2008 lalu dan mengirim spesimen ke Auburn University di Alabama untuk di teliti lebih lanjut.

Para peneliti begitu tertarik pada spesies baru ini, karena lele yang memiliki ukuran 7 cm ini tak seperti golongan lele lainya yang memiliki plas tulang yang sangat keras di samping kepalanya.

Spesies baru ini di beri nama ilmiah dengan Condylancistrus Santarosensis disesuaikan dengan nama sungai tempat lele ini ditemukan.

Tak adanya pelat tulang di sisi samping kepala menunjukkan bahwa spesies ini adalah "missing link" antara ikan genus Cordylancistrus lainnya dan Chaetostoma yang mempunyai tulang keras di bagian tersebut.

"Ini penting karena spesies ikan di Ekuador tak terlalu beragam, (dan kami ingin) orang mengetahui (ada ikan) di Ekuador yang unik dan hanya ditemukan di sana," tutur Tan.

No comments: