Tuesday, June 11, 2013

Waspada Bakteri Listeria di Makanan, 1 dari 5 Penderita Meninggal



Hati-hati, bakteri Listeria bisa jadi penyebab kematian. Satu dari lima orang di Amerika Serikat yang terinfeksi bakteri tersebut meninggal dunia dalam beberapa tahun terakhir. Ini berdasarkan temuan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat.

"Listeria keras muncul pada wanita hamil, orang tua, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah," kata Direktur CDC Tom Frieden seperti dikutip Huffington Post, Rabu (12/6/2013).

"Kami perlu mengembangkan teknologi molekuler baru yang canggih untuk membantu kami mencegah penyakit yang disebabkan wabah bakteri Listeria pada makanan agar terhindar dari kematian," ujarnya.

Berita Keamanan Pangan menunjukkan bahwa anggaran Presiden Obama untuk 2014 meliputi investasi US$ 40 juta untuk CDC Advanced Deteksi Molekuler Initiative, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan lembaga tersebut dalam mendeteksi wabah.

"Presiden Obama mengusulkan investasi dalam anggaran presiden untuk menghadirkan alat-alat baru untuk membantu memudahkan para dokter mencegah penyakit yang disebabkan bakteri Listeria," ujarnya.

Menurut laporan itu, Listeria adalah penyebab ketiga kematian akibat keracunan makanan. Sekitar 1.600 orang Amerika Serikat terserang kuman Listeria setiap tahunnya, 90 persen di antaranya adalah wanita hamil, bayi baru lahir, orang-orang di atas usia 65 tahun atau orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang rendah.

Beberapa wabah Listeria dalam beberapa tahun terakhir sudah pasti mempengaruhi angka-angka ini. Pada akhir 2011, buah melon tercemar wabah Listeria paling mematikan dalam satu dekade.

No comments: