Monday, July 2, 2012

Nomofobia adalah Fobia Kecanduan Ponsel


Ada fobia baru yang kini sedan marak di alami orang-orang pada zaman modern ini, yaitu nomofobia.  Penyakit ini ada karena ketergantungan nya seseorang dalam telepon genggam nya.

Menurut riset yang di lakukan oleh para ilmuan Securenvoy, telah diketahui bahwa 66% pengguna ponsel cenderung terkena monofobia, karena terlalu autisnya seseorang jika sedang dengan ponselnya.

Sebenarnya nomofobia tidak terlalu mengejutkan. Sekarang ini sulit menemukan orang yang tidak memegang ponsel saat mereka berjalan, duduk di cafe, bahkan saat menyetir kendaraan. Menurut survei, rata-rata orang mengecek ponsel mereka 34 kali dalam sehari. Kehilangan ponsel, bagi mereka, seperti kehilangan sahabat terbaik dalam hidup.

70% para wanita akan khawatir jika ponsel yang di genggam nya hilang, berbeda dengan pria dengan hanya sekitar 60% saja, namun penelitian tentang memiliki ponsel lebih dari satu cenderung pria yang memiliki ponsel banyak di banding wanita.

Anda termasuk dalam nomofobia jika memiliki gejala-gejala, antara lain, tidak pernah mematikan ponsel, merasa panik jika bateri ponsel drop atau penerimaan sinyal buruk, serta selalu cemas kehilangan ponsel. Waspadai jika fobia ini mulai mengganggu kesehatan, baik fisik maupun mental.

No comments: