Thursday, June 14, 2012

Menjaga Agar Vagina Sehat


Infeksi ragi pada wanita sangatlah mengganggu kenyamanan untuk beraktifitas.  Penyebebnya bisa saja dari konsumsi makanan yang memang dapat membuat tumbuhnya bakteri pada vagina, sehingga para wanita perlu untuk tidak mengkonsumsi atau menurunkan konsumsi makanan tersebut.

Infeksi bakteri atau ragi ini, di sebabkan karena berkembangnya bakteri pada vagina yang berlebihan.  Mungkin ada kondisi kesehatan lain yang mungkin mempromosikan infeksi vagina tersebut, seperti kehamilan, diabetes melitus, konsumsi obat kontrasepsi dan penggunaan pewangi vagina.

Berikut adalah hal penting untuk menjaga agar vagina tetap sehat dan dapat mencegah bakteri berlebih seperti :

  • Kurangi makanan yang mengandung ragi seperti jamur, buah-buahan kering dan cuka.

  • Hindari penggunaan minyak terhidrogenasi untuk keperluan memasak. Minyak tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan berlebih dari spesies bakteri tertentu.  Sebaliknya, minyak goreng yang aman digunakan adalah minyak zaitun dan minyak biji rami, yang semuanya adalah varian alami yang tidak perlu proses pemurnian dan diketahui berguna dalam memerangi infeksi ragi.

  • Batasi konsumsi gula berlebih dari makanan maupun minuman, karena hal ini dapat meningkatkan tumbuhnya ragi.

  • Hindari minuman alkohol, karena minuman ini akan menginfeksi populasi ragi.

  • Pilih produk susu dengan berasal dari domba atau kambing, kurangi mengkonsumsi susu sapi karena dalam pencernaan yg berkurang akibat susu sapi dapat menyebabkan tumbuhnya ragi.



No comments: