Tuesday, June 26, 2012

Makanan Pereda Sakit Tenggorokan

Penyakit radang tenggorokan termasuk penyakit yang sering di derita oleh banyak orang.  Penyakit itu biasanya terdapat virus yang menginfeksi tenggorokan saat kita mengalami flu.  Hal ini membuat kita menjadi pantang terhadap makanan yang memang memiliki kadar minyak yang tinggi dan tidak boleh meminum minuman dingin dengan pemanis buatan, penyakit ini juga dapat menggangu makan kita karena akan sakit jika menelan makanan. 

Berikut ini adalah makanan pereda sakit tenggorokan seperti :

1. Pisang

Jenis buah yang tidak asam, tekstur yang lembut dan empuk dapat di telan dengan mudah apabila sedang sakit tenggorokan.  Tidak hanya itu saja buah ini juga mengandung indeks glikemik rendah serta kaya akan vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

2. Sop Ayam

Beberapa orang mengatakan bahwa semangkuk sop ayam dapat membantu menyembuhkan penyakit tenggorokan.  Bukan hanya itu saja, bahkan sop ayam dapat menjadi anti biotik karena memiliki anti inflamasi yang membantu mengurangi kemampetan yang di akibatkan lendir yang di buat oleh virus.  Membuat sop ayam dengan di lengkapi sayuran yang kaya akan gizi.

3. Jus Campur antara Lemon dan Madu

Membuat jus dengan bahan lemon dan madu asli diduga dapat membantu peradangan, karena selain mengandung vitamin c yang baik dapat juga membantu mendinginkan tenggorokan yang mungkin akibat panas dalam,

4. Putih Telur

Sebagian orang mungkin belum mengetahui bahwa putih telur dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, namun saat akan mengkonsumsi tidak perlu menggunakan bumbu semacamnya yang mungkin akan membuat parah sakitnya.

5. Jahe atau Teh Madu

Teh madu dan jahe dapat mengurangi peradangan tenggorokan yang gatal atau terinfeksi.  MAdu disini juga dapat mendindingi tenggorokan yang akan mengakibatkan batuk.

6. Oatmeal

Makanan ini adalah kaya akan serat yang dapat membantu dalam proses diet atau kelebihan kadar karbohidrat, tidak hanya itu saja, makanan ini banyak mengandung protein yang baik sehingga jika kita memakan Oat maka akan terasa kenyang.  Hidangan Oat agar membantu peradangan adalah di lengkapi dengan pisang dan madu karena dapat merendahkan tingkat glikemiks.

7.  Wortel Rebus

Sayuran ini kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium.  Wortel yang di rebus dapat membantu penyembuhan sakit tenggorokan.  Tetapi sebaliknya jika wortel itu tidak direbus maka akan memperparah sakitnya.

No comments: