Wednesday, June 6, 2012

Macam-macam Efek Narkoba


Beberapa jenis obat terlarang / narkoba dapat memberikan efek yang berbeda-beda tergantung dari jenis obat tersebut, ada yang efek yang biasa hingga terberat sekali pun.

Berikut ini telah di kutip beberapa dampak akibat dari mengkonsumsi obat terlarang ini, seperti yang di ungkapkan oleh BNN ( Badan Narkotika Nasional ) :

Ganja => Barang ini biasa di kenal dengan marijuana, gele, atau cimeng ini dapat memberikan efek paranoid kepada si pengguna juga menggangu pada sistem pemikiran, gangguan kesimbangan tubuh dan sulit berkonsentrasi.  Hal ini dapat merasakan pemikiran yang berlebihan seperti takut yang berlebih atau bahkan gembira yang berlebih.

Kokain => Barang ini di kenal sebagai crack, daun koka atau pasta koka yang akan menimbulkan serangan jantung, gagal ginjal, stroke, perilaku agresif, gemetar berlebih, pandangan kabur dan berhalusinasi.  Hal ini akan membuat yang pengkonsumsi mudah marah, depresi, cemas, gelisah dan kehilangan kontrol.

Shabu => Shabu juga dikenal sebagai ice, ubas dan methamphetamine. Dampak yang ditimbulkan bisa mengalami gangguan hati, ginjal, urat saraf, perilaku abnormal, mudah bingung, mudah cemas dan marah, senantiasa lapar dan susah tidur.  Hal ini, akan membuat efek yang sama dengan kokain.

Morfin =>  Morfin dalam dunia kedokteran sering dipakai untuk obat penahan rasa sakit atau pembiusan karena bekerja langsung pada sistem saraf pusat. Efek dari morfin ini adalah penurunan kesadaran, euforia, rasa kantuk, lesu dan penglihatan kabur.  Umumnya morfin menimbulkan ketergantungan paling tinggi dibandingkan dengan zat lain, dan pecandu dari morfin ini dilaporkan menderita insomnia serta mimpi buruk.

Heroin =>  Heroin dikenal juga sebagai white, smack, junk, serbuk putih, medicine dan ubat. Dampaknya bisa menyebabkan detak jantung lemah, sesak napas, kerusakan paru-paru, ginjal, hati, sulit tidur, mata dan hidung berair, tremor, diare dan muntah.  Orang yang sedang sakaw heroin ini bisa sakit sekali, muncul keringat dingin, badan terasa dingin, kadang kasian sekali kalau melihatnya.

Ekstasi =>  Dikenal juga sebagai inex, enak, cui iin, flash, dolar, flipper, hammer. Dampak yang ditimbulkan berupa kerusakan ginjal, hati, otak, kehilangan ingatan dalam jangka waktu lama, menggigil, berkeringat, tidak mampu berpikir, melihat dan menyelaraskan fungsi tubuh.  Sedangkan gejala yang muncul adalah rasa cemas berlebihan, depresi, paranoid, hilang sensitifitas, akal sehat dan kesadaran.

No comments: