Thursday, June 21, 2012

Hal Buruk Berdampak Pada Kesehatan Pria

Laki-laki terkenal sebagai makhluk yang lebih sering mengabaikan kesehatannya sendiri. Untuk itu sebaiknya hindari hal-hal berikut ini karena bisa berdampak buruk bagi kesehatan pria.  Kondisi kesehatan yang dimiliki oleh seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak hal seperti lingkungan, makanan yang dikonsumsi serta pola hidup atau perilaku yang dijalaninya sehari-hari.  Berikut ini beberapa kebiasaan dan perilaku laki-laki yang bisa berbahaya bagi kesehatannya, seperti:

1. Malas melakukan pemeriksaan

Laki-laki mungkin berpikir pergi ke dokter adalah hal yang dilakukan oleh orang tua atau lemah, karenanya ia lebih mengutamakan pekerjaan dan juga keluarganya serta meremehkan segala hal yang berpotensi menimbulkan masalah kesehatan.

2. Merokok

Rokok bisa menyebabkan sejumlah penyakit mulai dari yang ringan seperti batuk dan tekanan darah tinggi hingga berat misalnya jantung atau kanker termasuk kanker paru, tenggorokan dan mulut. Sekitar 9 persen kasus kanker paru secara langsung disebabkan oleh rokok.

3. Pola makan buruk

Penyakit jantung yang banyak menyerang laki-laki kebanyakan disebabkan oleh pola hidup dan makan yang buruk, karena itu penyakit ini sebenarnya bisa dicegah dengan pola makan sehat seperti rendah lemak jenuh dan tinggi serat. Serta diimbangi dengan menjaga berat badan dan olahraga teratur.

4. Mengabaikan gejala

Tubuh sebenarnya bisa memberikan petunjuk jika ada sesuatu yang tidak baik atau sebagai sinyal berbahaya bagi kesehatan. Tapi sayangnya banyak laki-laki yang mengabaikan peringatan ini.

No comments: